bdadinfo.com

Deretan Pelawak Legendaris Asal Sumatera Barat yang Karyanya Tetap Hidup Sepanjang Zaman - News

Deretan Pelawak Legendaris Asal Sumatera Barat yang Karyanya Tetap Hidup Sepanjang Zaman

- Miangkabau bukan saja dikenal sebagai kota yang banyak melahirkan sosok pahlawan nasional di Indonesia. Tapi, juga Deretan Pelawak Legendaris Asal Sumatera Barat.

Selain terkenal dengan masakan rendang yang sudah mendunia dan tempat wisatanya yang sangat indah. Ternyata, ranah minang juga banyak melahirkan Deretan Pelawak Legendaris Asal Sumatera Barat yang terkenal di Indonesia.

Inilah Deretan Pelawak Legendaris Asal Sumatera Barat yang Karyanya Tetap Hidup Sepanjang Zaman yang dilansir dari berbagai sumber sebagai berikut:

Baca Juga: Deretan Pelawak Wanita Asal Sumatera Barat Paling Kondang di Indonesia, Nomor 3 Sampai Ganti Jenis Kelamin

1. Nedi Erman

Deretan Pelawak Legendaris Asal Sumatera Barat yang Karyanya Tetap Hidup Sepanjang Zaman
Deretan Pelawak Legendaris Asal Sumatera Barat yang Karyanya Tetap Hidup Sepanjang Zaman

Ia lebih dikenal dengan nama panggung Nedi Gampo (23 April 1965 – 28 Februari 2019) adalah seorang seniman legendaris Minangkabau. Ia dikenal sebagai pembawa acara, pelawak, penyanyi, dan pencipta lagu pop Minang.

Dirinya memulai karier sejak tahun 1990-an. Dengan ciri khas lagunya yang lawak dan kocak, lagu-lagunya disukai oleh masyarakat Sumatra Barat.

Ia meninggal dunia pada 28 Februari 2019 pukul 07.30 WIB di Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Padang.

Baca Juga: Deretan Pelawak Ternama di Tanah Air Asal Sumatera Barat, Nomor 4 Menggantikan Ketenaran Olga Syahputra

Sebelum meninggal, Nedi Gampo terdaftar sebagai calon anggota legislatif untuk DPRD Sumatra Barat dari Partai Gerindra.

Nedi Erman lahir di Parak Jua, Nagari Baringin, Kecamatan Lima Kaum, Kota Batusangkar, Tanah Datar pada 23 April 1965 sebagai anak pertama dari lima bersaudara.

Tanah Datar adalah pusat kebudayaan Minangkabau dan menjadi daerah darek atau tanah asal suku Minang. Nedi Gampo pernah berkuliah di ASKI Padang Panjang (kini ISI).

Ia memulai karier sebagai penyanyi pada awal dekade 1990-an dengan memakai nama panggung Nedi Gampo. Ia mengaku terinspirasi dari penyanyi legendaris Minang, Zalmon.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat