bdadinfo.com

Tak Berseri! Eks Dosen Universitas Syiah Kuala dan Gubernur Aceh Ini Punya 30 Tanah dan Bangunan, ini Faktanya - News

Eks Pj Gubernur Aceh Nova Iriansyah.  (Instagram @novairiansyah)

Bagi masyarakat Aceh, sosok Nova Iriansyah mungkin sudah tidak begitu asing. 

Nova Iriansyah adalah mantan Gubernur Provinsi Aceh yang menjabat saat masa pandemi Covid-19 yakni pada 5 November 2020 hingga 5 Juli 2022.

Nova Iriansyah sebelumnya adalah Wakil Gubernur Aceh terpilih bersama Irwandi Yusuf yang naik ke kursi kepemimpinan pada 5 Juli 2017 – 5 Juli 2018.

Baca Juga: Pesona Pantai Iboih, Keajaiban Bawah Laut dan Panorama Sunrise yang Memukau di Sabang

Sang Gubernur yang terjerat kasus korupsi menjadi jalan bagi Nova untuk menjadi Penjabat (Pj) Gubernur Aceh.

Nova yang juga mantan dosen Universitas Syiah Kuala tersebut menjadi Pj Gubernur Aceh dari 5 Juli 2018 hingga 5 November 2020. Ia kemudian diangkat menjadi orang nomor satu di wilayah paling barat di Indonesia tersebut hingga akhir masa jabatannya di tahun 2022.

Sisi lain dari pria kelahiran 22 November 1963 yang mungkin jarang diketahui oleh kebanyakan orang adalah memiliki sejumlah harta kekayaan yang fantastis. 

Baca Juga: Mengenal Mayjen TNI Yanuar Adil, Eks Komandan Pasukan Kuda Militer yang Kini Jabat Pangdam II Sriwijaya

Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), mantan orang nomor satu di Aceh tersebut memiliki harta sekira Rp9,9 miliar. Harta kekayaannya tersebut dilaporkannya pada 31 Desember 2021 silam.

Harta benda yang dimilikinya paling banyak berasal dari tanah dan bangunan. Tidak tanggung-tanggung, politisi Fraksi Partai Demokrat yang berasal dari Banda Aceh tersebut memiliki sejumlah tanah dan bangunan yang berjumlah 30 bidang.

Tanah dan bangunan tersebut tersebar di beberapa wilayah, diantaranya: Banda Aceh, Tangerang, Jakarta Pusat, Bener Meriah, dan Jakarta Barat. Beberapa diantaranya merupakan hasil hibah dengan akta dan juga hibah tanpa akta.

Baca Juga: Pj Gubernur Aceh Achmad Marzuki: Ikut Organisasi Bikn Anak Aceh Maju, Tapi Jangan Ambisius, ya!

Berdasarkan data yang terlapor pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), 30 tanah dan bangunan yang dimiliki oleh Nova Iriansyah diperkirakan senilai Rp5,9 miliar.

Diketahui, 22 tanah yang ia miliki berada di Kabupaten Bener Meriah, Provinsi Aceh. Sementara itu, alat transportasi atau kendaraan yang terlapor berjumlah lima buah. dua kendaraan roda empat dan tiga kendaraan roda tiga.

Nova mempunyai mobil; Toyota Alphard Minibus tahun 2011, Mobil BMW 530I CKD AT tahun 2019, motor Yamaha tahun 2014, motor Yamaha BG6 A/T tahun 2018, dan Motor BMW R 1250 GS Adventure tahun 2018.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat