bdadinfo.com

Benarkah Non Muslim Susah ke Aceh? Begini Faktanya - News

Pasangan suami istri keturunan Tionghoa menjelajahi Aceh (Tangkapan layar YouTube Icak Icak TV )

- Provinsi Aceh adalah satu-satunya daerah di Indonesia yang menggunakan hukum syariat Islam.

Maka tak heran, sebagai daerah dengan penduduk mayoritas muslim, hukum syariat Islam di Aceh begitu kental.

Disisi lain, kebijakan itu kerap menimbulkan isu intoleransi, sehingga tak sedikit yang beranggapan bahwa Aceh menyeramkan. Lantas benarkah demikian?

Baca Juga: 10 Tahun Berkuasa di Daerah Termiskin Aceh, Segini Harta Cek Mad

Nah untuk membuktikan stigma negatif itu, sepasang suami istri non muslim keturunan Tionghoa ini membuktikannya sendiri.

Mereka merekam dan merasakan langsung kondisi di Aceh bagi warga non muslim.

Ada beberapa tempat yang dikunjungi oleh pasangan suami istri dalam channel YouTube Icak Icak TV ini. Seperti apa pengalaman mereka? Yuk simak.

Baca Juga: Bupati Bengkulu Utara Punya 26 Aset, tapi 35 Ribu Lebih Warganya Hidup Miskin

Dalam video itu, pasangan suami istri ini mengawali petualangannya di Banda Aceh.

Mereka sempat pula mendatangi museum tsunami, kedai kopi, mampir ke PLTD, makan di kedai, hingga naik motor berkeliling kota sampai malam.

"Jadikan kita ingin membuktikan apakah Aceh itu menakutkan? Kalau kita yang dari luar Aceh selama ini kan hanya mendengar dari berita, dari kata orang yang katanya Aceh sangat ketat, kalau yang non muslim ke sini agak susah," ujar pria dalam video tersebut.

Baca Juga: Bupati Bengkulu Utara yang Viral Ditarik Paspampres Ternyata Punya Utang Rp 1 M

"Sebenarnya gini, kita sama sekali nggak pernah ya dalam perjalanan kita selama ini merasa berbeda. Ya maksudnya kita adalah orang Indonesia, udah sampai di situ. Kita jalan sampai ke timur sampai ke mana-mana kemarin ini kita keliling, kita nggak pernah ngerasa beda," sambungnya.

Setelah merasakan langsung suasana di Aceh, pasangan suami istri itu menegaskan, tak merasakan ada perlakuan berbeda. Hal itu berbanding terbalik dengan rumor yang beredar selama ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat