bdadinfo.com

Suratan Tangan Tiang Penyangga Monorel Jakarta, Proyek Mangkrak yang Berubah Fungsi jadi Papan Iklan - News

Ilustrasi tiang penyangga monorel Jakarta.  (Pixabay/LM07)

- Provinsi DKI Jakarta menyisakan sedikit cerita terkait proyek mangkrak dari kota yang juga merupakan Ibu Kota Indonesia tersebut. Satu diantaranya adalah proyek monorel.

Proyek monorel Jakarta berada dalam kondisi mangkrak dengan kurun waktu yang sangat lama.

Bahkan tiang penyangga kereta monorel tersebut kini telah menjalani 'profesi' barunya sebagai papan iklan di sejumlah wilayah.

Baca Juga: Aduh Nasib Rusun Proyek Mangkrak Era SBY, Endingnya Jadi Rusun Pengabdi Setan, Begini Curhat Korbannya

Tiang-tiang beton dengan besi yang berdiri kokoh tersebut sejatinya hendak dibangun sebagai tiang penyangga perlintasan kereta monorel. Namun, proyek monorel yang tidak juga mendapat kejelasan mengakibatkan tiang tersebut beralih fungsi.

Sebagai contoh, tiang yang terletak di Jalan Asia Afrika, Jakarta Selatan tiang-tiang monorel yang berupa beton dan besi-besi tersebut kini ditutupi dan diberi pelindung untuk beralih guna menjadi papan iklan.

Tidak hanya satu, di sepanjang jalan beberapa tiang penyangga monorel diubah menjadi papan iklan.

Baca Juga: Monorel Jakarta jadi Proyek Mangkrak hingga Kini, Ternyata Masalahnya Gara-Gara Ini

Nasibnya jauh lebih baik daripada beberapa tiang penyangga lainnya yang masih tetap berdiri kokoh dengan beton dan besi-besi di tengah jalan yang dilalui oleh masyarakat.

Terlihat, beton-beton dan besi penyangga monorel tersebut juga tidak berdiri dengan ukuran yang sama.

Beberapa tiang penyangga nampak setinggi lebih dari tiga meter dan tiang penyangga lainnya terlihat jauh lebih rendah.

Baca Juga: Novel Sejarah Kemelut di Majapahit, Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 12 Semester 1 Halaman 36-39

Sebagaimana diketahui, proyek monorel Jakarta tersebut pertama kali muncul pada tahun 2004 saat Gubernur Sutiyoso menjabat. Akan tetapi, proses pengerjaannya yang mulanya ditargetkan selesai dalam dua tahun pada 2006 harus terhenti.

PT Jakarta Monorail yang pada saat itu selaku pihak yang mengerjakan proyek monorel tersebut berdalih kekurangan dana sehingga proyek monorel Jakarta tidak bisa dilanjutkan. 

Meski DKI Jakarta telah berganti kepemimpinan sejak tahun 2004, proyek monorel hingga kini, usianya menginjak 19 tahun tetap menjadi proyek mangkrak yang tidak diketahui bagaimana nasib kedepannya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat