bdadinfo.com

Selain Jadi Sumber Air Bersih, Bendungan di Sumatera Barat Ini Menawarkan Keindahan Alam yang Memukau - News

Selain Jadi Sumber Air Bersih dan Memancing, Bendungan di Sumatera Barat Ini Menawarkan Keindahan Alam yang Memukau/ instagram @infodharmasraya_

- Bendungan Batang Hari, yang merupakan bendungan terbesar di Sumatera Barat, juga menawarkan pesona sebagai objek wisata.

Terletak sekitar 7 Km dari Pulau Punjung, Ibu Kota Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, bendungan ini telah berdiri sejak tahun 2006.

Dengan kemampuannya mengairi lahan pertanian seluas 5 ribu hektar, bendungan ini dinobatkan sebagai bendungan terbesar di Sumatera Barat.

Sejak kehadirannya, banyak masyarakat setempat yang melihatnya sebagai destinasi wisata menarik.

Baca Juga: Tak Hanya Dihuni Penduduk Muslim, Ini 4 Wilayah Sebaran Pemeluk Agama Katolik dan Protestan di Aceh

Saat hari libur tiba, banyak masyarakat di Kabupaten Dharmasraya yang mengunjungi Bendungan Batang Hari, yang merupakan bendungan terbesar di Sumatera Barat.

Tidak hanya sebagai destinasi wisata, bendungan ini juga berfungsi sebagai sumber air bersih bagi masyarakat sekitar.

Bendungan Batang Hari berada di sepanjang aliran Sungai Batang Hari, dengan pemandangan indah perbukitan yang menakjubkan.

Untuk menikmati keindahan Bendungan Batang Hari, pengunjung dapat menggunakan perahu yang disewakan oleh masyarakat sekitar.

Selain menjadi objek wisata, di dalam bendungan juga terdapat banyak ikan patin berukuran besar yang menambah daya tariknya.

Baca Juga: Disabilitas Juga Punya Hak Pilih di Pemilu: Ini Cara Bawaslu Agam Rangkul Mereka

Dan tentunya Bendungan di Sumatera Barat ini berfungsi sebagai sumber air bersih bagi masyarakat setempat.

Dikutip dari YouTube Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat, bendungan ini juga dikenal dengan nama Bendungan Batu Bakawik.

Sungai Batang Hari mengalir hingga mencapai Jembatan Kabel Sungai Dareh yang juga memiliki pemandangan indah yang tak kalah menarik dari Bendungan Batang Hari.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat