bdadinfo.com

Wow! Satu Kampung di Jambi Mendadak Jadi Miliarder, Kena Gusuran Tol Trans Sumatera - News

Supratno, Salah Satu Warga Desa Muaro Sebapo, Jambi yang mendapat ganti rugi pembebasan lahan Untuk Tol Trans Sumatera ( Victorynews.id)

- Bak disentil dewi Fortuna, ratusan penduduk di Desa Muaro Sebapo, Kabupaten Muaro Jambi, menerima duit puluhan miliar rupiah secara mendadak.

Bukanlah uang yang datang begitu saja, tetapi uang puluhan miliar rupiah ini merupakan kompensasi bagi para warga yang terlibat dalam pembebasan lahan.

Rupanya, ini berawal dari perencanaan pembangunan Tol Trans Sumatera, khususnya lajur Jambi-palembang yang telah membawa rejeki bagi ratusan penduduk Jambi.

Baca Juga: Menembus Bukit di Sumatera Barat, Inilah Terowongan Terpanjang di Indonesia yang Menelan Biaya 78 Triliun

Fenomena sosial ini terjadi setelah lahan mereka kena gusuran akibat proyek Jalan Tol Trans Sumatera untuk bagian Jambi-Betung di ruas jalan lintas Jambi-Palembang, tepatnya pada KM 18.

Setelah gusuran tersebut, ratusan warga di Desa Muaro Sebapo Kabupaten Muaro Jambi ini mendapatkan kompensasi dalam bentuk uang per kepala keluarga kepada ratusan masyrakat desa.

Proyek Jalan Tol Trans Sumatera (Palembang-Jambi) ini membentang sepanjang 19 KM dari desa Sepabo hingga seksi tiga Bayung Lencir.

Para warga berbondong-bondong menerima kompensasi lahan dengan jumlah yang beragam.

Besarnya kompensasi tersebut mencapai 1 Miliar rupiah hingga 20 Miliar rupiah, jumlah yang sangat fantastis!

Kepiawaian proyek Tol Trans Sumatera ini membuat para warga merasa senang dan terdapat simbiosis mutualisme yang terjalin dalam kejadian ini.

Artinya, proyek ini memberikan manfaat bagi masyarakat setempat dan proyek tersebut juga dapat berjalan dengan dukungan dan keikutsertaan warga.

Baca Juga: Sukses di Sektor Pariwisata, 5 Desa Ini Jadi yang Terkaya di Indonesia, Salah Satunya dari Sumatera Barat

Dilansir dari Media Sosial, banyak warga yang menggunakan uang kompensasi untuk berbagai hal, seperti membeli rumah, mobil baru, dan bahkan memperluas perkebunan mereka.

Saat ini, Proyek jalan Tol Trans Sumatera seksi Palembang-jambi sudah mulai dikerjakan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat