bdadinfo.com

Lebih 300 Ribu Penduduk Sumbar Belum Rekam Identitas! Keren, Layanan Dukcapil di Solok Selatan Satu Standar - News

Lebih 300 Ribu Penduduk Sumbar Belum Rekam Identitas! Keren, Layanan Dukcapil di Solok Selatan Satu Standar

- Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Kadisdukcapil) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Besri Rahmad mengatakan lebih dari 300 ribu penduduk di provinsi ini belum melakukan perekaman identitas.

Hal itu dikatakan Kadisdukcapil Sumbar, Besri Rahmad ketika pelaksanaan Sosialisasi dan Uji Publik Standar Pelayanan Penerbitan Dokumen Kependudukan dan Pencatatan Sipil di aula kantor Bupati Solok Selatan, Rabu, 26 Juli 2023.

Besri Rahmad menyebutkan tugas dari Disdukcapil menyajikan data kependudukan dan menyelenggarakan pelaksanaan pemberian dukungan kepada penduduk.

Baca Juga: Bupati Solok Selatan: Tugas Pemerintah Mempersiapkan Generasi Berkualitas di Masa Depan

"Pelayanan dibidang Dukcapil ini harus sama persepsi yakni dilaksanakan dengan cepat, efektif, efisien, murah, mudah, dan harus standar pelayanannya," kata Besri.

Kondisi terkini, lanjutnya, masih terdapat lebih dari 300 ribu penduduk Sumatera Barat yang masih belum melakukan perekaman indentitas. Tidak terkecuali di Solok Selatan.

Untuk itu dibutuhkan sinergi pemerintah hingga kecamatan dan desa/nagari serta OPD terkait agar perekaman identitas penduduk ini bisa terselenggara sesuai dengan standar pelayanan yang ditetapkan.

Baca Juga: Telah Selesai Lebih dari 80%, Akankah Tol Bangkinang-Pangkalan Rampung di Tahun 2023?

Sehingga, demi memastikan standar pelayanan Dukcapil di Solok Selatan satu persepsi, Pemkab pun menggandeng sejumlah elemen untuk turut berpartisipasi menerapkan standar pelayanan yang sama. 

Upaya ini ditandai dengan ditanda tanganinya berita acara kesepakatan uji publik standar pelayanan penerbitan dokumen kependudukan dan pencatatan sipil.

Bupati Solok Selatan H Khairunas mengatakan kabupaten ini terus berbenah dan mengevaluasi setiap pelayanan publik yang diberikan kepada masyarakat. 

Baca Juga: Wisata Belanja di Pariaman: Temukan 5 Oleh-Oleh Terbaik yang Harus Anda Bawa Pulang

Upaya ini juga telah membuahkan hasil dengan naiknya opini pelanan publik Solok Selatan menjadi Zona Hijau dari Ombudsman RI.

"Kita terus melakukan evaluasi dan perbaikan-perbaikan, saat ini upaya kita untuk lebih mendekatkan pelayanan publik kepada masyarakat adalah dengan memanfaatkan teknologi informasi sehingga lebih mudah diakses kapanpun dan dimanapun oleh masyarakat," kata Khairunas.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat