bdadinfo.com

Deretan Kabupaten Termiskin di Sumatera Barat, Nomor 11 Miliki Objek Wisata Paling Indah di Dunia - News

Deretan Kabupaten Termiskin di Sumatera Barat, Nomor. 11 Miliki Objek Wisata Paling Indah di Dunia

 

 - Deretan Kabupaten Termiskin di Sumatera Barat dan berdasarkan data BPS Sumbar terbaru saat ini jumlah penduduk Sumatera Barat mencapai 5.500.000.232 jiwa dan dari jumlah tersebut ada sebanyak 6,63 persen penduduk yang masih hidup dalam kemiskinan.

Di mana kabupaten-kabupaten yang memiliki tingkat persentase kemiskinan di atas persentase kemiskinan provinsi.

Ada 11 kabupaten yang ada di Sumatera Barat hanya Kabupaten Tanah Datar lah yang memiliki tingkat kemiskinan di bawah rata-rata.

Baca Juga: Tanjungbalai Bakal Calon Ibu Kota Sumatera Timur Bertetangga dengan Malaysia dan Singapura

Deretan Kabupaten Termiskin di Sumatera Barat, Nomor. 11 Miliki Objek Wisata Paling Indah di Dunia yang dilansir dari kanal youtube Netizen Pasbar sebagai berikut:

1. Kabupaten Dharmasraya

Dharmasraya adalah salah satu kabupaten di Provinsi Sumatra Barat, Indonesia. Pada kawasan ini dahulunya pernah menjadi ibu kota dan pusat pemerintahan kerajaan Melayu.

Ibu kota Kabupaten Dharmasraya adalah Pulau Punjung. Kabupaten ini dibentuk berdasarkan Undang-undang No. 38 Tahun 2003, dan merupakan pemekaran dari Kabupaten Sijunjung.

Baca Juga: Yogi Ahmad Erlangga Bikin Bangga Indonesia Gegara Pecahkan Misteri Rumus Helmholtz, Apa Itu?

Kabupaten Dharmasraya dikenal juga dengan sebutan Ranah Cati Nan Tigo. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik kabupaten Dharmasraya 2021, penduduk kabupaten ini berjumlah 228.591 jiwa (2020), dengan kepadatan 77 jiwa/km2.

Nama kabupaten ini diambil dari manuskrip yang terdapat pada Prasasti Padang Roco, di mana pada prasasti itu disebutkan Dharmasraya sebagai ibu kota dari kerajaan Melayu waktu itu.

Kerajaan ini muncul setelah kejatuhan kerajaan Sriwijaya pada abad 13-14, di mana daerah kekuasaan kerajaan ini merupakan wilayah kekuasaan kerajaan Sriwijaya sebelumnya, yaitu mulai dari Semenanjung Malaya hingga Sumatra.

Baca Juga: Onde Mande! Banyak Proyek Mangkrak di Sumbar Ternyata Gegara Ini, Negara Auto Rugi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat