bdadinfo.com

Fakta Legenda BB 302, Lokomotif Tua yang Hanya Ada di Sumatera Utara - News

BB 302 legenda lokomotif yang hanya ada di Sumatera Utara  (Twitter @PTKAI)

- BB 302 adalah lokomotif endemik yang hanya bisa ditemui di Sumatera Utara. Lantas seperti apa kiprahnya untuk dunia perkereta apian Indonesia? Simak ulasan berikut ini.

Dikutip dari akun Twitter Kereta Api Indonesia @KAI121, BB 302 adalah lokomotif endemik di tanah Deli, Sumatera Utara.

Lokomotif jenis ini, cuma bisa kalian lihat dan temui di Divisi Regional 1 Sumatera Utara saja. Nggak ada di tempat lain loh, guys!

Baca Juga: Jomplang Banget! Segini Harta Bupati Termiskin dan Terkaya Sumatera: Poltak Sitorus vs Hamsuardi

Menurut sumber PT KAI, lokomotif BB 302 dulunya merupakan andalan untuk menarik berbagai kereta barang dan penumpang, karena punya berbagai keunggulan pada masanya.

Sang legenda yang menjadi salah satu ikon Sumatera Utara ini dibuat pabrikan Henshel asal Jerman dengan mesin maybach Mercedez.

Lokomotif BB 302 memiliki banyak keungulan. Bobotnya lebih ringan yakni sekira 44 ton, dengan kapasitas mesin hingga 900 tenaga kuda dan bisa melaju sampai 80 km/jam loh.

Baca Juga: Intip Perbandingan Medan vs Batam, 2 Kota Termaju di Sumatera

Kala itu, Perusahaan Jawatan Kereta Api atau PJKA (PT KAI-red), mulai memesan BB 302 pada tahun 1969 dan 1970, sebanyak 6 unit lokomotif.

Kemudian, lokomotif tersebut dialokasikan ke wilayah Sumatera Utara.

Data PT KAI menyebut, BB 302 resmi dioperasikan pada tahun 1972, setelah melakukan berbagai pengujian, dan penyesuaian kembali terhadap beberapa spesifikasi tekhnisnya.

Baca Juga: Diam-diam Usut Dugaan Korupsi di UPN, Begini Respon Kajari Depok

BB 302 legenda lokomotif dari Sumatera Utara
BB 302 legenda lokomotif dari Sumatera Utara (Twitter @PTKAI)

Di puncak masa kejayaannya, BB 302 telah banyak berjasa sebagai lokomotif penarik kereta penumpang dan barang, di Sumatera Utara.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat