bdadinfo.com

Pesawat Tempur F-16 Fighting Falcon TNI AU Siap Beraksi, Meriahkan Langit Ibu Kota Saat Perayaan 17 Agustus! - News

10 unit pesawat tempur F-16 Fighting Falcon siap beraksi apda acara 17 Agustus di Istana Negara. (Dok Dispenau.)

- Sebanyak 10 unit pesawat tempur F-16 Fighting Falcon mendarat di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur pada Jumat 11 Agustus 2023.

10 unit pesawat tempur F-16 Fighting Falcon tersebut berasal dari Skadron Udara 3 dan Skadron Udara 14 Lanud Iswahjudi Madiun, Jawa Timur. 

Adapun tujuan daripada pesawat tempur F-16 Fighting Falcon tiba di Ibu Kota untuk memeriahkan HUT Ke-78 Republik Indonesia yang akan dipusatkan di Istana Negara pada 17 Agustus 2023 mendatang. 

Baca Juga: Unik Bin Aneh! Inilah 13 Wilayah Eksklave yang Ada di Indonesia: Berikut Arti, Daftar dan Penjelasannya

Ketibaan F-16 Fighting Falcon di Lanud Halim Perdanakusuma terbagi dalam tiga flight, yakni Garuda flight, Eagle flight dan Dragon flight.

Garuda flight terdiri dari dua pesawat yang diawaki oleh Danskadron Udara 3 Letkol Pnb Pandu "Hornet" Eka Prayoga dan Danskadron Udara 14 Mayor Pnb Anwar "Weasel" Sovie.

Lalu, Dragon flight terdiri dari empat pesawat dari Skadron Udara 3. Sedangkan Eagle flight terdiri dari empat pesawat dari Skadron Udara 14 Lanud Iswahjudi, Madiun.

Baca Juga: Berkunjung ke Menara Dang Merdu, Salah Satu Menara Pencakar Langit yang Tertinggi di Riau

Sekadar informasi, ketika perayaan 17 Agustus nanti, burung-burung besi F-16 TNI AU ini akan beraksi melakukan demontrasi udara. 

Pesawat tempur yang telah diupgrade dengan sistem avionik dan senjata udara modern ini akan melaksanakan flypast dan terbagi dalam dua flight, antara lain membentuk formasi diamond dan bomb burst. 

Masing-masing formasi, akan dilakukan di Istana Negara maupun Monumen Nasional atau Monas. 

Baca Juga: Ramai Isu Pengangkatan Stafsus Pj Gubernur, Ini Penjelasan Karo Hukum Setda Babel

Kadispenau Marsma TNI Agung Sasongkojati menjelaskan, aksi flypast yang dilakukan pesawat tempur TNI AU ini sudah dilakukan sejak beberapa tahun terakhir seolah menjadi tradisi yang sangat dinantikan. 

"Sangat dinantikan oleh para tamu undangan dan ratusan ribuan penggemar fotografi kedirgantaraan disekitar area Monumen Nasional dan Jakarta Raya," ucap Kadispenau dalam keterangannya, dikutip Minggu 13 Agustus 2023.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat