bdadinfo.com

Fakta Teuku Muhammad Hasan, Gubernur Sumatera Pertama yang Akui Kemerdekaan Indonesia - News

Teuku Muhammad Hasan, Gubernur Pertama Sumatera yang Juga Menjadi Anggota Kemerdekaan Indonesia (historia.id)

- Berbicara mengenai tanggal 17 Agustus 1945, merupakan hari yang paling bersejarah untuk seluruh masyarakat Indonesia, bahwa dengan ini menyatakan Indonesia sudah merdeka.

Ucapan yang disampaikan oleh Soekarno dengan naskah Proklamasi, tentu tidak semua wilayah di Indonesia mendengar, bahwa negara yang dulunya bernama Hindia Belanda sudah bebas dari rezim penjajahan.

Ada beberapa pemimpin yang mewakili dari provinsi yang sudah mengakui kemerdekaan Indonesia, namun ada juga yang berasal dari Sumatera yang diwakili oleh, Teuku Muhammad Hasan.

Baca Juga: Peringati HUT RI ke-78, Semen Padang Tampilkan Para Srikandi Sebagai Petugas Upacara

Teuku Muhammad Hasan, merupakan Gubernur Sumatera pertama yang pertama kali mengungkapkan, bahwa Indonesia sudah merdeka di hadapan Soekarno dan Mohammad Hatta pada saat itu.

Memang dulu, wilayah Provinsi Sumatera meliputi seluruh wilayah daratan pulau Sumatera dan pulau-pulau sekitarnya, dan Ibu kota Sumatera awalnya berada di Bukit Tinggi yang saat ini berada di Sumatera Barat sekarang

Beliau lahir di Kabupaten Pidie, Aceh pada tanggal 4 April 1906 ini, juga merupakan Pahlawan Nasional yang pernah bekerja sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia pada tahun 1948 hingga tahun 1949 dalam Kabinet Darurat.

Baca Juga: Bank Nagari Serahkan Dividen dan CSR Pendidikan untuk Kabupaten dan Kota Solok

Selain itu, Beliau juga memiliki peran krusial bersama dengan Bagindo Dahlan Abdullah, yang merupakan Diplomat untuk merencanakan kemerdekaan Indonesia sesuai dengan rencana yang tepat.

Terlahir dengan nama Teuku Sarong, merupakan anak dari Teuku Bintara Pineung Ibrahim merupakan Ulèë Balang di Pidie (Ulèë Balang adalah bangsawan yang memimpin suatu daerah di Aceh), dan ibunya bernama Tjut Manyak.

Beliau terpilih sebagai anggota Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) pada 7 Agustus 1945, yang saat itu dipimpin sebagai calon bapak pendiri bangsa Indonesia yaitu, Ir. Soekarno.

Baca Juga: Amankan Aset Negara, PLN UID Sumbar Tuntaskan 192 Sertifikasi Tanah, Sisa 14 Belum Tersertifikasi

PPKI, adalah suatu organisasi yang bertugas untuk persiapan kemerdekaan Indonesia, dan juga menyusun rencana pemerintah Indonesia yang pertama pasca Proklamasi dan kemerdekaan Indonesia.

Anggota PPKI terdiri dari beberapa tokoh lainnya seperti Moh. Hatta, Prof. Mr. Dr. Soepomo, KRT Radjiman Wedyodiningrat, R. P. Soeroso, Pangeran Poerbojo, Dr. Mohammad Amir dan lain-lain.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat