bdadinfo.com

Orang Minang dan Suku ini Ternyata Menguasai Sumatera Utara, Jumlahnya Banyak Banget, 4 Jutaan, sampai Betah - News

aktivitas masyarakat di sebuah pasar tradisonal yanga da di Kota Medan (Dok: manzanitakids)

- Tentu sudah banyak yang tahu jika Provinsi Sumatera Utara menjadi salah satu wilayah penting di Indonesia dan menjadi salah satu kota terbesar di tanah ibu pertiwi ini.

Sumatera Utara adalah kota terbesar ketiga di Indonesia yang jumlah penduduknya pada tahun 2020 mencapai 15 juta jiwa. Namun, tahukah kamu jika banyak sekali suku yang mendiami daerah yang beribukotakan Kota Medan tersebut.

Berbagai suku bangsa mendiami Sumatera Utara bahkan beberapa diantaranya telah turun temurun tinggal di daerah tersebut seperti orang Minang dari Sumatera Barat dan lainnya. Berikut deretan suku yang banyak bermukim di Sumatera Utara:

Baca Juga: Mendadak Viral, SMA Kusuma Bangsa di Palembang Tuai Pujian Usai Punya Tempat Ibadah Semua Agama

6. Suku Aceh

Daerah yang berdekatan menjadikan orang-orang Aceh juga banyak yang memilih tinggal di Sumatera Utara. Diperkirakan, terdapat 155 ribu masyarakat Aceh menetap di Sumut berdasarkan sensus yang dilakukan di tahun 2020. 

5. Suku Minang

Masyarakat yang berasal dari Provinsi Sumatera Barat ini juga termasuk etnis yang mudah ditemui di Sumatera Utara dikarenakan banyak sekali orang Minang yang memilih tinggal di Sumut.

Terdapat 400.631 jiwa etnis Minangkabau menetap di Sumatera Utara berdasarkan data sensus penduduk tahun 2020. Adapun masyarakatnya banyak berprofesi sebagai notaris, dokter, pengacara dan wartawan.

Baca Juga: Canggih, Proyek Jalan Tol Padang-Sicincin Bakal Punya Fly Over di Atas Rel Kereta Api, Lokasinya di Sini

4. Suku Tionghoa

Masyarakat Tionghoa juga menjadi salah satu etnis yang sudah lama menetap di Provinsi Sumatera Utara. Bahkan, etnis Tionghoa mendapat julukannya sendiri oleh masyarakat setempat dengan nama “Cina Medan”

Terdapat kurang lebih 400 ribu etnis Tionghoa yang ada di Medan dan angka tersebut mewakili tiga persen dari seluruh penduduk yang ada di Sumatera Utara.

3. Suku Melayu Deli

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat