bdadinfo.com

Canggih, Proyek Jalan Tol Padang-Sicincin Bakal Punya Fly Over di Atas Rel Kereta Api, Lokasinya di Sini - News

Rel kereta api yang saling beririsan dengan Jalan Tol Padang-Sicincin (YouTube: MInang Yes)

- Salah satu ruas jalan tol yang juga merupakan bagian dari mega proyek Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yaitu Padang-Sicincin kembali menghadirkan decak kagum.

Adapun hal yang mencengangkan dari ruas jalan tol yang ada di Sumatera Barat (Sumbar) tersebut diketahui memiliki desain yang tidak biasa dalam proses konstruksinya. 

Pada salah satu Stasiun (STA) di Jalan Tol Padang-Sicincin, pembangunanya akan dibuat fly over yang melintasi sebuah perlintasan rel kereta api.

Baca Juga: Wow! Sumatera Barat Sebentar Lagi Punya Bandara Baru, Siap Saingi Bandara Minangkabau

Umumnya, sebuah fly over dibuat di atas sebuah jalan baik jalan perkampungan maupun jalan utama di daerah perkotaan. Hal tersebut dimaksudkan agar keberadaan jalan yang baru tidak mengganggu lalu lintas jalan yang lama.

Namun, jalan tol yang merupakan sirip dari Jalan Tol Trans Sumatera tersebut akan memiliki fly over yang  berdiri di atas sebuah perlintasan rel kereta.

Sebagaimana diketahui, Provinsi Sumatera Barat sendiri merupakan salah satu wilayah di Pulau Sumatera yang memiliki rel kereta api dengan jumlah yang cukup banyak.

Baca Juga: Mendadak Viral, SMA Kusuma Bangsa di Palembang Tuai Pujian Usai Punya Tempat Ibadah Semua Agama

Bahkan, rel-rel kereta api yang ada di Sumatera Barat memiliki panjang 300 km. Rel kereta api tersebut dibangun pada masa kolonial Belanda.

Meski demikian, diperkirakan 200 km rel yang ada di Sumatera Barat kini tidak lagi berfungsi dan menjadi salah satu peninggalan kolonial yang tersisah di tanah urang awak.

Sementara itu, lokasi fly over yang akan melintas di atas rel kereta api tersebut berlokasi di fly over di Nagari Buayan Lubuk Alung.

Baca Juga: Ketika PSN Airbangis Sumbar Bak Proyek Hantu

Tidak hanya satu, melain ada dua buah fly over yang melintas di atas rel kereta api. Lokasi kedua berada di Kawasan Kayu Kapur Nagari Sungai Buluh Selatan di STA 6 ruas Tol Padang-Sicincin dan di STA 12 di Nagari Buayan Batang Anai Padang Pariaman.

Sebagai informasi, proyek jalan tol Padang-Sicincin sendiri memiliki panjang 36 km dan akan menjadi salah satu ruas penghubung antara Kota Padang dan Kota Pekanbaru di Provinsi Riau. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat