bdadinfo.com

Terbang ke AS, Menhan Prabowo Bawa 'Oleh-oleh' 24 Unit Pesawat Tempur F-15 EX - News

Menhan Prabowo saksikan penandatanganan MoU 24 unit F-15 EX. (Instagram @prabowo)

- Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto bawa kabar baik dari Negeri Paman Sam, Amerika Serikat (AS).

Indonesia, lebih tepatnya TNI bakal memiliki 24 unit pesawat tempur F-15 EX baru dari Amerika Serikat.

Pembelian 24 unit pesawat tempur F-15 EX itu diimplementasikan lewat penandatanganan MoU di The Boeing Company, St. Louis, Missouri.

Baca Juga: Keindahan Kota Padang dari Atas Langit Ini Terlihat Rapi dan Cantik, Serasa Main Game Sim City

Diketahui F-15 EX merupakan pesawat tempur generasi 4.5. Pihak AS sendiri telah memberikan kode khusus bagi pesawat tempur Indonesia, yaitu F-15 IDN.

"Penandatanganan MoU komitmen pembelian 24 Unit Pesawat Tempur F-15 EX,” tulis Menhan Prabowo dalam unggahan foto di akun Instagram pribadinya, Selasa 22 Agustus 2023.

Pada unggahan tersebut, nampak Menhan Prabowo menyaksikan penandatanganan MoU tersebut.

Baca Juga: Arti Penting Teks Prosedur, Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 25 Semester 1

Eks Pangkostrad itu pun juga menyempatkan melihat unit pesawat tempur hang di kantor Boeing bersama pejabat Kemhan dan The Boeing Company.

Sebelumnya pada November 2022 lalu, Menhan Prabowo memastikan rencana pembelian jet tempur F-15 sedang dalam tahap lanjut dan menunggu persetujuan akhir dari pemerintah.

Kepastian itu disampaikan Menhan Prabowo usai melakukan pembicaraan empat mata dengan Menteri Pertahanan Amerika Serikat Lloyd J. Austin III di kantor Kemhan RI, Jakarta.

Baca Juga: Filosofi Rendang, Ada 3 Makna Utama yang Diteladani Orang Minang Sampai Sekarang, Apa itu?

Menurut Menhan saat itu, Boeing telah menyetujui tawaran finansial yang diberikan dan diyakini paket itu terjangkau. Menhan juga menyatakan bahwa negosiasi telah berjalan dengan sangat baik.

Adapun Departemen Luar Negeri AS menyetujui potensi penjualan jet tempur F-15 EX dan peralatan terkait kepada RI pada Februari 2022 lalu.

“Kami mendukung upaya Menhan Prabowo untuk terus memodernisasi sistem dan kemampuan pertahanan mereka dan kami ingin terus membantu dengan cara apapun yang kami bisa,” kata Menhan AS Austin saat itu.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat