bdadinfo.com

Gali Potensi Pemanfaatan AI di Industri Media, AMSI Gelar IDC 2023 Ajak Hadapi Fenomena Disrupsi Bersama - News

AMSI gelar IDC 2023 guna ajak industri media hadapi disrupsi dampak Artificial Intelligence

- Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) secara resmi menggelar Indonesia Digital Conference (IDC) 2023 di Bandung, Selasa 22 Agustus 2023.

IDC 2023 dibuka secara resmi oleh Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Wamen Kominfo), Nezar Patria di Hotel El Royale, Bandung.

Agenda IDC 2023 yang digelar AMSI ini mengusung tema 'Artificial Intelligence for Business Transformation:Tantangan Etik, Inovasi, Produktivitas dan Daya Saing di Berbagai Sektor.

Baca Juga: Legenda Perselisihan Kampung Talun Kenas vs Kampung Pematang Panjang: Asal Mula Tanjung Morawa, Sumatera Utara

Pagelaran IDC 2023 ini menurut Ketua Umum AMSI, Wenseslausa Manggut menyatakan bahwa era AI memang bisa membantu namun juga bisa merusak industri media.

Melalui IDC 2023, AMSI mengajak industri media bisa bersama-sama mengahadapi fenomena disrupsi Artificial Intelligence (AI)/ kecerdasan buatan.

"AI bisa membantu dari sisi operasional newsroom, orang selalu bilang bahwa open AI, open problem. Selalu datang membantu dengan format yang begitu dahsyat, tapi juga sangat dahsyat dampaknya," ucap Wens.

Baca Juga: Argumen dalam Teks 'Keindahan Alam Indonesia', Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 27 28

Meskipun begitu, Wens mengungkapkan bahwa AMSI sangat berfokus untuk mendorong hak-hak perusahaan media tentang publisher right sehingga bisnisnya baik.

Isu perihal publisher right ini diharapkan segera rampung, pasalnya tak hanya soal platform konvensional, namun juga tentang platfrom seperti halnya TikTok dan micro community lainnya.

"Konvensional platform relasinya memang masih kuat dengan kita, bisnis mereka bisnis kita, bisnis kita bisnis mereka juga," sambungnya.

Baca Juga: Cocok Dibawa Pulang! Deretan Oleh-oleh Khas Provinsi Riau yang Unik, Kedondong ‘Disulap’ Jadi Dodol

Sedangkan dalam sambutan Wamen Kominfo, Nezar Patria mengajak industri media bisa lebih tenang mengadapi fenomena AI.

Pasalnya, AI pun bisa membantu industri media dalam operasional jika memang mampu memanfaatkan dengan baik.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat