bdadinfo.com

Deretan Kafilah Kaya Raya Asal Sumatera Barat yang Sukses di Negeri Orang, Nomor. 10 orang terkaya di Malaysia - News

Deretan Kafilah Kaya Raya Asal Sumatera Barat yang Sukses di Negeri Orang, Nomor. 10 orang terkaya di Malaysia

- Memang diketahui selama berabad-abad, perdagangan hasil tambang dan pertanian Minangkabau telah menjadi sumber utama dalam kemajuan ekonomi Samudra Hindia yang dinamis.

Pedagang-pedagang besar Minangkabau telah melakukan perdagangan sejak abad ke-7. Mereka menjadi pedagang berpengaruh yang beroperasi di pantai barat dan pantai timur Sumatra.

Perdagangan emas pada mulanya menjadi perdagangan utama masyarakat Minang. Lembah Tanah Datar merupakan tempat penting sebagai penghasil emas untuk ekonomi Minangkabau.

Baca Juga: PDIP Mengadakan Apel Siaga di Jawa Tengah, Dihadiri Hingga 33 Ribu Orang

Upaya mencari emas kadang-kadang mendorong terjadinya perpindahan penduduk. Keberadaan orang Minangkabau di barat laut Jambi, disebabkan oleh upaya pencarian emas.

Diundang oleh Raja Regale dan para pendahulunya, banyak orang Minang menyeberang Selat Malaka menuju Johor untuk mengumpulkan debu emas dan bongkahannya.

Pedagang emas Minangkabau sering adalah wiraswastawan terkemuka, yang mengandalkan sistem politik Tanah Datar untuk memberikan perlindungan apabila ia membawa kafilahnya.

Baca Juga: Waduh! 5 Suku Adat di Sumatera Ini Terancam Punah, Ada yang Karena Terlalu Gemar Minum Tuak

Yang terdiri atas seratus orang lebih berjalan menuruni lereng berbatu Bukit Barisan menuju pelabuhan di pantai barat. Pada akhir abad ke-18, tambang-tambang emas mulai habis dan perdagangannya mencapai titik nadir.

Setelah cadangan emas mengalami penurunan, perdagangan komoditas menjadi basis utama bisnis orang-orang Minang. Perdagangan lada, akasia, dan gambir berkembang pesat pada abad ke-15 hingga abad 18.

Dilanjutkan dengan perdagangan kopi pada abad ke-18 hingga 19. Mereka membawa barang dagangan dari pedalaman Minangkabau ke Selat Malaka atau Samudra Hindia untuk dijualkan kepada pedagang-pedagang asing.

Baca Juga: Diduga Terlibat Politik Praktis, DPRD Padang Panggil Sejumlah Lurah dan Camat

Saudagar terkenal asal Sumbar banyak yang sukses di Malaysia dan Singapura. Memang sudah sejak lama Tanah Malaya di seberang Selat Malaka menjadi rantau tradisional bagi kaum Minangkabau.

Saudagar terkenal asal Sumbar banyak merantau menyusuri sungai-sungai besar di rantau timur : Rokan, Siak, Kampar, Indragiri, dan Batanghari, mereka mengembangkan koloni dagang di pesisir timur Sumatera terus ke pantai barat Semenanjung Malaya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat