bdadinfo.com

Berkat Aplikasi Teknologi, Solsel Terbaik 5 Nasional Disiplin Kerja ASN - News

Bupati Solsel H. Khairunas

News - Berkat aplikasi teknologi sistem informasi yang berbasis manajemen kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN), Pemerintah Kabupaten Solok Selatan (Pemkab Solsel) dilirik pemerintah pusat melalui Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Era teknologi digital berbasis sistem informasi yang mulai efektif digunakan oleh Pemkab Solsel tahun 2021 dalam upaya meningkatkan kualitas serta pelayanan prima terhadap publik bagi ASN mulai membuahkan hasil.

Pemkab Solsel masuk dalam 5 terbaik se-Indonesia dalam penerapan disiplin, etos kerja dan pelayanan publik terhadap masyarakat. Reward ini diberikan BKN sebagai bentuk apresiasi maupun motivasi dalam meningkatkan kinerja ASN

"Aplikasi Sistem informasi manajemen kinerja (Simanja) ini manajemen kinerja pemerintahan daerah jauh lebih baik," kata Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Solsel, Irwandi Osmaidi didampingi Kabid Mutasi dan Pengembangan SDM, Pamil Ruskamdani, Senin, 25 Juli 2022.

Menurutnya, manajemen kinerja ASN melalui aplikasi Simanja bisa di monitor sewaktu-waktu. Meliputi, perencanaan kinerja, pembinaan kinerja, penilaian kinerja, evaluasi kinerja, dan pelaporan kinerja.

Pengumuman tersebut disampaikan pada ajang BKN Award 2022, melalui forum evaluasi pengelolaan manajemen kepegawaian se-Indonesia melalui Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) 21 Juli 2022.

"Reward ini juga tidak lepas dari sinergi oleh semua pihak, bukan hanya BKPSDM Solsel. Danempertahankan jauh lebih sulit daripada meraih penghargaan ini," katanya.

Melalui aplikasi Simanja, kata Irwandi Osmaidi hasil pelaporan kinerja ASN bakal berdampak terhadap tunjangan maupun tambahan penghasilan ASN lainnya.

Kedepannya, pihaknya bakal meningkatkan fitur-fitur yang ada dalam aplikasi tersebut, guna mengantisipasi segala bentuk kecurangan dalam manajemen kinerja dan kehadiran ASN.

"Tidak tertutup kemungkinan nanti setiap IMEI gadget atau Handphone ASN bakal didaftarkan supaya lebih maksimal dalam menunjang kinerja dan disiplin," bebernya.

Untuk daerah yang masih blankspot terutama bagi ASN yang bertugas sebagai tenaga pendidik dan kependidikan, pihaknya masih melakukan pelaporan secara manual yang dilaporkan setiap pekan. 

Bupati Solsel, H.Khairunas menyampaikan bahwa penghargaan yang diterima merupakan kebanggaan atas kerja keras semua pihak. 

“Mari bekerja dengan Super Tim bukan Superman, untuk bersama-sama melompat untuk mengejar ketertinggalan kita dengan kabupaten/kota yang ada di Sumatera Barat," tegas Bupati. (*)

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat