bdadinfo.com

Keberhasilan Indonesia Taklukan Covid Jadi Sorotan Dunia, Ini Buktinya - News

Ilustrasi tes Covid (Foto: Istimewa)

News.COM – Keberhasilan Indonesia dalam melakukan vaksinasi guna menekan penyebaran Covid, telah menyita perhatian dunia. Salah satu kunci utama terkait hal itu adalah komunikasi berbasis digital.  

Penasaran dengan hal tersebut, Organisasi Internasional Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan atau OECD kemudian mengundang perwakilan Indonesia untuk mempresentasikan keberhasilan pemerintah era Jokowi dalam penanganan virus berbahaya itu.

Bertempat di Kantor Pusat OECD, Paris, perwakilan Indonesia yang diundang ke acara tersebut kemudian memaparkan strategi Indonesia dalam penanganan Covid berbasis pendekatan komunikasi digital dan sosial.

Baca Juga: Begini Ending 2 Oknum Polisi yang Viral Gegara Jilat Kue Ultah TNI

Adapun delegasi Kominfo yang diturunkan terdiri dari Anita Karolina, Devie Rahmawati, Ivana Maida, Rizky Ameliah.

Konferensi tahun 2022 ini bertajuk 5th meeting of the OECD Expert Group on Public Communication, dihadiri lebih dari 40 delegasi dari sedikitnya 16 negara maju di dunia. Indonesia dan Singapura diundang mewakili Asia Tenggara.

Kordinator Literasi Digital Kominfo, Rizky Ameliah dalam keterangan tertulisnya mengatakan, bahwa dalam paparannya itu ia menjelaskan profil komunikasi digital di Indonesia yang memiliki jumlah populasi penduduk sebanyak 277 juta jiwa.

Angka itu berasal dari 1.300 suku bangsa, berbicara dalam lebih dari 700 bahasa lokal di wilayah, dan tinggal di wilayah kepulauan yang terdiri dari 17 ribu pulau.

Baca Juga: Sidang Cerai Perdana Dedi Mulyadi Tak Hadir, Anne: Alhamdulillah Lancar! 

Menurut data Kominfo, total pengguna internet di Indonesia ialah 202,6 juta (70% dari total populasi), dan 62% dari total populasi ialah pengguna media sosial aktif (170 juta). Dimana Rata-rata penggunaan media sosial ialah 3 jam, 14 menit per hari.

“Profil ini menjadikan komunikasi menjadi salah satu tantangan yang perlu dikelola secara sistematis, terstruktur dan masif dalam upaya penanganan Covid-19,” katanya pada Rabu, 5 Oktober 2022.

Perwakilan Kominfo, Devie Rahmawati menyebut, bahwa pandemi Covid telah menjadi momentum percepatan transformasi digital di Indonesia, yang memfasilitasi masyarakat melewati masa pandemi dengan tetap terhubung satu sama lain serta meningkatkan kapasitas belajar, bekerja dan berbisnis.

“Di sisi lain, pembangunan infrastruktur digital juga dibarengi dengan sebaran isu hoaks seputar Covid 19 yang tercatat mencapai 2.240 isu sepanjang periode 23 Januari 2022 – 5 Oktober 2022,” katanya.

Baca Juga: Eks Perwira TNI Bocorkan Nama Pembunuh Akseyna UI ke Polisi: Saya Pengumpul Informasi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat