bdadinfo.com

Pemnag Binjai Tapan Pesisir Selatan Bangun Kandang Itik Petelur untuk Kelompok Peternak - News

Pemnag Binjai Tapan Pesisir Selatan Bangun Kandang Itik Petelur untuk Kelompok Peternak (Kominfo Pesisir Selatan)


- Pemerintah Nagari Binjai Tapan, Kecamatan Ranah Ampek Hulu Tapan membangun kandang itik petelur untuk kelompok peternak nagari setempat. "Ya, kini telah selesai dikerjakan pembangunan kandang itik petelur, dan akan segera didatangkan itik tersebut untuk kelompok-kelompok penerima pertama," ungkap Walinagari Binjai Tapan, Jamirus, Selasa (5/7).

Lebih lanjut Jamirus mengungkapkan, melalui program pengembangan itik petelur ini kedepan, selain menjadi ketahanan hewani dan gizi, juga akan berdampak dari sisi peningkatan ekonomi masyarakat Nagari Binjai Tapan.

"Kami berharap kedepannya bisa mengedukasi masyarakat untuk bisa menciptakan UMKM dan Ekonomi kreatif. Hal itu merupakan salah satu langkah pemulihan ekonomi masyarakat pasca Pandemi Covid-19," ucapnya.

Dikatakan, pengembangan itik petelur tersebut dijadikan sebagai program ketahanan pangan Nagari Binjai Tapan, Kecamatan Ranah Ampek Hulu Tapan 2022 ini. "Ya, pengembangan itik petelur itu merupakan salah satu program yang tepat untuk ketahanan pangan hewani di Nagari Binjai Tapan. Dimana, masyarakat sangat antusias mengembangkan Itik petelur. Kemudian Nagari Binjai Tapan juga memiliki kawasan untuk pengembangan itik petelur,' imbuhnya.

Baca Juga: Musim’PHK Mulai Marak Terjadi, Begini Cara Menghadapinya

Jamirus berharap program tersebut dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Nagari Binjai Tapan. "Dalam hal ini pihaknya akan berfokus pada ketahanan pangan hewani," terangnya.

Menurut Jamirus, program tersebut akan memberikan dampak baik untuk kemajuan Nagari Binjai Tapan. Ia juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk selalu bersatu dan gotong royong bersama demi kemajuan nagari.

Ia berharap agar kelompok peternak itik petelur serius dan lebih tekun dalam beternak itik petelur. Program tersebut menjadi percontohan awal bagi masyarakat dan akan dikembangkan lagi kedepannya.

"Program ini adalah program yang telah ditentukan oleh Keputusan Presiden sesuai Perpres No 104 Tahun 2021, yang mana dana desa yang masuk ke nagari sebagian dialokasikan untuk program ketahanan pangan dan hewan," jelasnya.

Ia mengatakan, program pengembangan itik petelur dilaksanakan berkelanjutan dalam rangka meningkatkan ekonomi masyarakat dan memenuhi kebutuhan pangan dan hewani.

Ia menambahkan, target Pemerintah Nagari Binjai Tapan pada tahun 2022 akan terbentuk setidaknya sebanyak 30 atau 40 kelompok peternak yang baru, sehingga akan menghasilkan dan menciptakan usaha rumahan yang secara teori bisa membantu ekonomi keluarga. (*)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat