bdadinfo.com

Ini 3 Kawasan Industri Halal di Indonesia, Wujudkan Target Global Halal Hub RI - News

Pemerintah mendorong industri halal Indonesia mendunia. (Foto: pikiran-rakyat.com)

– Target Indonesia menjadi Global Halal Hub pada tahun 2024 perlu berbagai upaya yang keras untuk mencapainya.

Salah satu upaya untuk menacapai target itu adalah dengan mendorong perkembangan Kawasan Industri Halal di Indonesia menciptakan ekosistem halal yang tepat dari hulu hingga hilir.

Disamping itu, pemerintah juga mengeluarkan sejumlah kebijakan yang mendukung percepatan pengembangan kawasan industri halal di Indonesia.

Baca Juga: Mau Urus Sertifikasi Halal Biar Jualan Makin Moncer? Siapkan Dokumen Ini

Hingga saat ini, sedikitnya ada tiga Kawasan Industri Halal yang telah mendapatkan IUKIH (Izin Usaha Kawasan Industri Halal) seperti Halal Modern Valley di Banten, Safe Lock Halal Industrial Park di Jawa Timur, dan Bintan Inti Halal Hub di Kepulauan Riau.

“Untuk mewujudkan visi Indonesia menjadi Global Halal Hub pada tahun 2024, peran dari UMKM dan Kawasan Strategis Ekonomi di Indonesia menjadi sangat signifikan,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam pembukaan The 9th OIC Halal Expo and World Halal Summit yang digelar di Istanbul, Turkiye seperti dikutip dari situs resmi Kemenko Perekonomian pada Jumat, 25 November 2022.

Meningkatnya gaya hidup halal di Indonesia, lanjutnya, menciptakan pasar yang baik di tingkat domestik. Kemudahan akses menjangkau menjangkau pasar global ditunjang pula oleh kemudahan berusaha di Kawassan Strategis Ekonomi seperti di KPBPB dan KEK (Kawasan Ekonomi Khusus).

Untuk diketahui, dalam The Global Islamic Economy Indicator in the State of the Global Islamic Economy (SGIE) Report, Indonesia menduduki peringkat keempat.

Ditambah lagi, dalam beberapa sektor ekonomi halal, Indonesia menempati posisi 10 besar. Sektor ekonomi halal tersebut, antara lain sektor pangan, keuangan syariah, farmasi dan kosmetik, serta fashion.

Menko Airlangga juga menyampaikan pentingnya kolaborasi di tingkat regional di antara negara anggota Organisasi Kerjasama Islam (OIC), terutama dengan Republik Turkiye.

“Melihat strategisnya sumber daya Indonesia dalam industri halal, Pemerintah mendukung potensi tersebut dengan kemudahan berusaha di FTZ, KEK, dan Kawasan Industri, yang juga didukung dengan industri manufaktur,” pungkas Menko Airlangga.

Sebagai informasi, kegiatan The 9th OIC Halal Expo and World Halal Summit merupakan pameran yang diadakan oleh Organisasi Kerjasama Islam (OKI) dan The Standard and Metrology Institute for Islamic Countries (SMIIC) di Istanbul, Turkiye pada 24 – 27 November 2022. (*)

Ikuti berita-berita hiburan terupdate dan menarik lainnya di Hops.ID member of Haluan Media Group

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat