bdadinfo.com

Makam Ibunda Megawati yang Melahirkan Trah Soekarno Bukan di TMP Kalibata, Ini Lokasinya - News

Tokoh perempuan Indonesia berziarah ke makam Fatmawati Soekarno (perpusnas.go.id)

Fatmawati merupakan ibunda dari salah seorang trah Soekarno yang terjun ke dunia politik Tanah Air, Megawati Soekarnoputri.

Berasal dari keluarga sederhana, Fatmawati lahir dari rahim ibunya bernama Siti Chatidjah pada 5 Februari 1923.

Ayahnya yang bernama Hassan Din bukanlah orang yang kaya raya, namun dia adalah seorang bangsawan keturunan ke-6 dari Kerajaan Putri Bunga Melur.

Oleh karena sang ayah keluar dari pekerjaannya di perusahaan Belanda Borsumij, keluarga Fatmawati sempat mengalami kesulitan ekonomi.

Pada saat itu, Hassan Din fokus untuk aktif dalam kegiatan Muhammadiyah di Bengkulu.

Baca Juga: Menguak Sosok Pria yang Taklukan Puan Maharani, Trah Soekarno Penerus Megawati

Semasa hidup, Fatmawati setia mendampingi sang suami, Soekarno dalam memimpin negara sebesar Indonesia.

Menjadi Ibu Negara Pertama Indonesia, Fatmawati yang dipersunting Soekarno pada 1 Juni 1943 baru menginjak usia 20 tahun, sedangkan Soekarno sudah berumur 42 tahun.

Pada masa inilah, Fatmawati memiliki jasa yang besar bagi bangsa Indonesia. Dia adalah tokoh yang menggunting dan menjahit bendera pusaka untuk dikibarkan saat Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di Jl. Pegangsaan Timur 56, Jakarta.

Setelah memilih berpisah dengan Soekarno, Fatmawati memilih untuk hidup sendiri meski masih tinggal di Jakarta. Pilihan tersebut dilakukan Fatmawati karena Soekarno ingin menikah lagi dengan wanita berstatus janda lima anak bernama Hartini.

Pada usia usia 57 tahun Fatmawati tutup usia di Kuala Lumpur, Malaysia karena penyakit jantung. Dia meninggal tanggal 14 Mei 1980 saat perjalan pulang umroh dari tanah suci Mekkah terkena serangan jantung.

Baca Juga: Deretan Istri Cantik Soekarno, Sosok Ini Jarang Terekspos, Ternyata Oh Ternyata

Sebagai seorang mantan istri Presiden Soekarno dan salah seorang yang berjasa bagi Indonesia, Fatmawati tak dikuburkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Nasional Kalibata.

Tak seperti mendiang istri presiden lainnya, Fatmawati dimakamkan di Taman Pemakaman Umum (TPU) Karet Bivak, Jakarta, tepatnya di Blok AA 1 Unit Islam.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat