bdadinfo.com

Status Gunung Semeru Jadi Awas, Jepang Beri Peringatan Tsunami - News

gempa tahun 1797 timbulkan tsunami di kota padang (freepik/macrovector)

 

- Aktivitas Gunung Semeru yang merupakan gunung teraktif di wilayah Jawa Timur dinyatakan meningkat, setelah mengalami erupsi pukul 02.46 WIB, Minggu 4 Desember 2022.

"Badan cuaca Jepang memperingatkan warganya tentang peringatan tsunami yang dapat tiba di Pulau Miyako dan Yaeyama di prefektur selatan Okinawa sekitar pukul 14.30 waktu setempat," tulis informasi yang dilansir dari Kyodo News, Minggu 4 Desember 2022.

Sementara itu, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) sejatinya telah merilis data aktivitas kegempaan Gunung Semeru berada dalam status Siaga (III) pada Sabtu, 3 Desember 2022.

Baca Juga: Gunung Semeru Erupsi, Ini Penyebab Statusnya Jadi Awas

Akan tetapi sejak pukul 05:00 WIB (5/12/2022), bumbung awan panas erupsi Gunung Semeru menyebabkan wilayah yang dekat mengalami hujan abu vulkanik.

Namun, karena aktivitas kegempaan tidak mengalami berdasarkan unggahan instagram Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, mengumumkan menaikkan level Gunung Semeru dari Siaga (III) ke Awas (IV).

“Disampaikan status Gunung Semeru dinaikan dari Siaga (III) menjadi Awas (Level IV) terhitung Pukul 12:00, Minggu 4 Desember 2022.” Keterangan dalam laman Instagram seperti dikutip

Baca Juga: Simak! Ini Sejarah Letusan Gunung Semeru yang Perlu Kamu Ketahui

Selain itu larangan untuk beraktivitas dinaikan menjadi 8 km dan himbauan untuk mengurangi aktivitas di wilayah arah Tenggara yang meliputi Besuk Kobokan dan Kali Lanang sejauh 19 km dari puncak Semeru.

“himbauan tidak ada aktivitas dan sektoral arah Tenggara (Besuk Kobokan dan Kali Lanang sejauh 19 km dari puncak,”tambah keteranganya.

Sekedar informasi, Gunung Semeru yang mempunyai tinggi 3671 mdpl itu, berada di dua kabupaten, yaitu Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat