bdadinfo.com

10 Desember Peringati Hari Hak Asasi Manusia Sedunia, Ini Tema dan Sejarahnya - News

Hari HAM Internasional (Harian Haluan)


- Hari Hak Asasi Manusia atau Internasional Human Rights Day diperingati pada tanggal 10 Desember setiap tahunnya.

PBB pada tahun 1948 mendeklarasikan the Universal Declaration of Human Rights (UDHR) atau deklarasi Hak Asasi Manusia.

Berdasarkan lansiran dari laman Resmi PBB, Sabtu 10 Desember 2022. UDHR ini merupakan dokumen sejarah berisi Hak Asasi Manusia yang menyuarakan hak-hak yang tidak dapat dicabut yang dimiliki setiap orang sebagai manusia, yang terlepas dari ras, warna kulit, agama, jenis kelamin, bahasa, pendapat politik, ataupun hal lainnya.

Baca Juga: Profil Veronica Koman, Penggiat HAM Papua yang Kritik Baju Prewedding Kaesang-Erina

Beberapa dekade setelah deklarasi Hak Asasi Manusia, Hak Asasi menjadi lebih diakui dan lebih terjamin di seluruh dunia. Sejak saat itu, untuk memperluas sistem perlindungan Hak Asasi Manusia saat ini juga berfokus pada kelompok rentan seperti penyandang disabilitas, masyarakat adat, dan migran.

Tepat hari ini, Dunia sudah memperingati Hari Hak Asasi Manusia yang ke-74. Tema hari HAM sedunia yang digunakan untuk tahun ini adalah Dignity, Freedom, and Justice for All yang berarti Kehormatan, Kebebasan, dan Keadilan Bagi Semua.

Jika Hari Hak Asasi Manusia tahun ini berusia 74 tahun, maka tahun depan tepat berusia 75 tahun. PBB melakukan peringatan 75 tahun Deklarasi Hak Asasi Manusia tahun depan dengan meluncurkan kampanye selama satu tahun penuh untuk menampilkan UDHR yang berfokus pada legacy, relevancy, and activism.

Baca Juga: Pasal Pencemaran Nama Baik UU ITE Dihapus, Saatnya Nikita Mirzani Auto Bebas, Ini Kemenangan HAM

Kampanye yang akan dilakukan selama setahun ini berusaha untuk dapat menggeser pemahaman dan tindakan menuju pengetahuan yang lebih luas tentang Hak Asasi Manusia dan aktivitas yang berkaitan dengan HAM.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat