bdadinfo.com

Pensiun Masih Lama, Peruntungan KSAL Baru Laksamana Muhammad Ali akan Dijegal Rotasi Matra? - News

Laksamana Muhammad Ali dilantik Jokowi jadi KSAL (Twitter Joko Widodo )

- Presiden Jokowi resmi melantik Laksamana Muhammad Ali sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) baru untuk menggantikan Laksamana Yudo Margono yang naik menjadi Panglima TNI.

Dalam pelantikan KSAL Laksamana Muhammad Ali, Presiden Jokowi berpesan agar TNI menjaga kedaulatan negara di laut, terutama di area perbatasan. Pelantikan dilakukan pada hari ini, 28 Desember 2022.

Selain acara pelantikan, Indonesia mulai menilik pribadi Laksamana Muhammad Ali lebih dalam. Salah satu yang penting diperhatikan adalah umur perwira.

Meski Laksamana Muhammad Ali baru dilantik jadi KSAL, namanya diprediksi akan masuk dalam jajaran nama Panglima TNI baru di tahun depan.

Baca Juga: Tim Pol PP Patroli di Lokasi Wisata Kota Padang

Sebelum Presiden Jokowi akan diganti setelah hasil Pemilu 2024, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono akan lebih dahulu masuk masa purnabakti.

Ini diatur sesuai UU Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI pasal 53 yang menyebutkan kalau usia maksimum seorang perwira adalah 58 tahun.

Berdasarkan pantauan , Laksamana Muhammad Ali bisa dibilang jadi calon terkuat jika dibandingkan dengan Kepala Staf TNI lainnya.

KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali lahir pada 9 April 1967, saat ini ia berumur 55 tahun.

KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman lahir pada 19 November 1965, saat ini ia berumur 57 tahun.

Baca Juga: 4 Kekurangan Mobil Listrik Meskipun Kelebihannya Juga Banyak

Artinya, Jenderal Dudung akan masuk purnabakti pada bulan November di tahun 2023.

Boleh dibilang namanya mustahil jadi Panglima TNI karena sudah masuk purnabakti sebelum Laksamana Yudo Margono alias petahana selesai masa jabatannya.

Sebagai informasi, Laksamana TNI Yudo Margono baru resmi dilantik jadi Panglima TNI oleh Presiden Jokowi di bulan Desember 2022.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat