bdadinfo.com

Ini Harapan Jokowi Usai Resmikan SPAM Durolis di Rokan Hilir - News

Presiden Joko Widodo bersama jajaran kementerian dan pemerintah daerah Riau, Kabupaten Rokan Hilir, Bengkalis, dan Kota Dumai beserta DPRD Riau meresmikan Pembukaan SPAM Durolis Kamis, 5 Januari 2023.

- Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Durolis (Dumai Rohil Bengkalis) di Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau pada Hari Kamis, 5 Januari 2023.

Peresmian pengoperasian SPAM Durolis oleh Jokowi ini akan memberikan manfaat bagi tiga wilayah, yaitu Dumai, Rokan Hilir, dan Bengkalis.

Dalam acara peresmian SPAM Durolis ini, Jokowi didampingi oleh beberapa menteri, yaitu Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, dan Menteri Sekretaris Negara Praktikno.

Baca Juga: Istri Wiji Thukul Meninggal Dunia, Sipon Diduga Sakit Ini

Selain itu, peresmian SPAM Durolis juga dihadiri oleh beberapa tokoh penting, seperti Gubernur Riau Syamsuar, Ketua DPRD Riau Yulisman, Bupati Rokan Hilir Afrizal Sintong, Bupati Bengkalis Eka Putra, dan Walikota Dumai Paisal.

Jokowi menjelaskan bahwa proyek SPAM Durolis ini dimaksudkan untuk menyediakan air minum yang bersih dan layak bagi masyarakat Rokan Hilir, Dumai, dan Bengkalis.

“Dan Alhamdulillah pada siang hari ini kita akan bisa melihat sistem penyediaan air minum (SPAM) bagi masyarakat di Rokan Hilir, Bengkalis, dan Kota Dumai," ucap Jokowi di hari peresmian SPAM Durolis Kamis, 5 Januari 2022.

Baca Juga: Laga Tunda Persib Bandung vs Persija Jakarta Siap Digelar di Stadion GBLA dengan Pengamanan Ekstra

"Nantinya bisa disuplai dari SPAM di Rokan Hilir ini yang akan bisa menyediakan air minum dengan kualitas yang baik bagi 32ribu rumah tangga di Dumai, Rokan Hilir, dan Bengkalis,” lanjutnya.

Jokowi menginformasikan bahwa biaya pembangunan SPAM Durolis adalah Rp396,6 miliar.

“Uang tidak sedikit yang dikeluarkan dari Kementerian PUPR dan tanahnya disediakan 5 hektare oleh Kabupaten Rokan Hilir," kata Jokowi.

Baca Juga: Dandi Maulana Resmi Bermain di Persija Jakarta Mulai Musim Ini, Berikut Profilnya

"Oleh sebab itu, saya minta nanti, karena ini penggunaan airnya baru 400 liter per detik, kita harapkan ini masih memiliki space ruang yang masih banyak yang nanti bisa disalurkan lebih banyak lagi air minum ke rumah tangga-rumah tangga yang ada di sini,” sambungnya.

Jokowi juga menjelaskan bahwa SPAM Durolis ini airnya diambil dari Sungai Rokan yang terkenal sebagai sungai yang besar.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat