bdadinfo.com

Monas, Wisata Sejarah Terbaik di Kota Jakarta, Tapi... - News

Monas (Okezone.com)



- Monas atau Tugu Monas (Monumen Nasional) merupakan tempat wisata yang sangat baik untuk mengenalkan sejarah bangsa Indonesia khususnya kepada anak-anak, yang terletak di Kota Jakarta Pusat yang berdiri di atas lahan seluas kurang lebih 80 hektare.

Monas sudah cukup lama dikenal sebagai tempat wisata ikonik Kota Jakarta Pusat, pasalnya pembangunnya yang juga tak lepas dari sejarah panjang perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia khususnya di Jakarta pada masa kolonial Hindia-Belanda.

Pembangunan Monas di Jakarta Pusat sudah dimulai sejak masa kepemimpinan presiden RI pertama Indonesia yakni Soekarno yakni tahun 1959 yang kemudian diresmikan dan mulai dibuka untuk umum sejak tahun 1975.

Penggagas Monas sendiri diketahui berasal dari ide seorang rakyat biasa bernama Sarwoko Martokusumo. Kemudian rancangan monumen diwujudkan oleh para arsitek terbaik bangsa seperti Frederick Silaban yang juga merupakan arsitek dalam pembangunan masjid Istiqlal, Soedarsono dan Ir. Rooseno.

Baca Juga: Sengit! Tim Putri Jakarta Elektrik PLN Optimis Menang di Laga Kedua

Monas tersebut memiliki menara setinggi 132 meter dengan puncak emas berbentuk kobaran api yang menggambarkan kobaran semangat rakyat. Namun dalam proses pembangunannya sempat terhenti karena keterbatasan dana. Tak ayal pembangunan monumen tersebut harus melalui beberapa tahap yakni tahap pertama (1961-1965), tahap kedua (1966-1968), dan tahap ketiga (1969-1976).

Maka, Soekarno kala itu sempat menghimbau seluruh masyarakat khususnya di Jakarta agar saling bahu-membahu dalam membantu pembangunan Monas.

Spot wisata yang ada di Monas itu juga cukup beragam dan tak akan membuatmu bosan. Pasalnya di sana terdapat museum dan relief sejarah Indonesia, pemutaran rekaman kemerdekaan berupa suara Soekarno ketika memproklamasikan kemerdekaan Indonesia pertama kali, taman yang luas dan rindang, pasar berisi aneka kerajinan dan makanan, transportasi gratis serta menara Monas itu sendiri yang memiliki cawan dan puncak sehingga kamu dapat menikmati angin sepoi-sepoi dan kencang, bak lagi di pantai deh kamu serta lapangan olahraga.

Baca Juga: Status Gunung Ijen Naik Jadi Waspada, Peningkatan Aktivitas Vulkanik Sangat Rentan

Harga tiketnya pun sangat terjangkau yakni Rp5.000 per orang (dewasa). Namun sayangnya harga parkirnya cukup mahal yakni Rp7.500/jam (mobil) terlebih berada di luar ruangan.

"Saya baru tahu kalo harga parkir di Monas dihitung perjam (Rp7.500/jam) lumayan mahal si menurut saya, cukup kaget awalnya," ucap Bagus salah satu pengunjung Monas asal Bogor yang ditemui jurnalis tanggal 7 Januari 2023.

Meski demikian secara keseluruhan, Monas ini cocok untuk dijadikan sebagai tempat wisata berlibur bersama keluarga maupun teman, terutama guna mengenalkan sejarah bangsa Indonesia. Tempat wisata ini terbuka setiap hari kecuali hari Senin dari jam 06.00 hingga jam 16.00 WIB. ***

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat