bdadinfo.com

Temukan Kasus Anak Keracunan Makanan Akibat Chiki Ngebul, Komisi IX DPR Soroti Peran BPOM - News

Komisi IX DPR RI, Putih Sari





- Komisi IX DPR RI, Putih Sari, soroti penggunaan nitrogen cair pada jajanan smoked-ice atau 'chiki ngebul' setelah ditemukannya sejumlah kasus gejala keracunan makanan pada anak usai mengkonsumsi jajanan tersebut.

Putih Sari mempertanyakan sudah berapa lama penggunaan nitrogen cair seperti pada chiki ngebul yang sebabkan beberapa anak alami gejala keracunan dalam Rapat Dengar Pendapat Komisi IX dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) di Gedung DPR RI.

"Sebenarnya sudah berapa lama sih penggunaan bahan kimia seperti nitrogen cair ini, diperbolehkan atau tidak diperbolehkan?" kata Putih Sari, Rabu, 15 Februari 2023.

Ia meminta BPOM untuk lebih berperan aktif dalam melakukan pengawasan terhadap  makanan yang beredar di masyarakat. Menurutnya, penemuan kembali kasus gagal ginjal akut telah membuat masyarakat khawatir.

"Jangan sampai BPOM jadi pemadam kebakaranlah, kalau muncul kasus, baru mulai ada pengawasan atau pemeriksaan. Kalau belum, yah tenang-tenang aja. Padahal, setau saya makanan nitrogen ini sudah lama beredar di masyarakat," tegasnya.

Baca Juga: Cari Perbedaan di Asus ROG Strix Scar 17 SE dan Flow X16, Laptop Gaming Rp40 Jutaan

BPOM sendiri menyampaikan temuannya yang mendapati sebagian besar nitrogen cair digunakan pada makanan ternyata bukan untuk makanan.

Menanggapi hal tersebut, Putih Sari, kurangnya sosialisasi kepada masyarakat, sehingga mengakibatkan belum terinformasikan dengan baik terkait food grade dan non food grade, dengan demikian, kerap kali nitrogen cair dipakai dalam pengolahan dan penyajian makanan.

"Harusnya ada panduan atau pedoman dalam penggunaan-penggunaan bahan kimia yang punya resiko dari BPOM, sehingga tidak muncul kasus seperti ini,"imbuhnya.

Senada dengan Putih Sari, Anggota Komisi IX DPR RI, Netty Prasetiyani Aher, juga menyayangkan BPOM baru menerbitkan mitigasi pencegahan penggunaan nitrogen cair dalam jajanan anak pada Januari 2023.

Baca Juga: Jasa Top Up Saldo Paypal, Proses Cepat Tanpa Ribet

"Sangat disayangkan pedoman mitigasi baru keluar januari 2023, padahal kalau kita bicara produk pangan olahan, kecepatan masyarakat membangun kreativitas pangan dan olahan ini luar biasa. Cepat, mudah dan murah, udah nggak dihitung lagi sehatnya," terang Netty. ****

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat