bdadinfo.com

Detik-detik Ledakan Dahsyat Hancurkan 25 Rumah di Blitar, 1 Warga Tewas, 8 Lainnya Luka Parah - News

Foto ledakan dahsyat di Blitar yang diduga berasal dari bahan baku petasan (Tiktok blitarasyik)

- Ledakan dahsyat terjadi di Kabupaten Blitar, Jawa Timur pada Minggu, 19 Februari 2023. Peristiwa ini menyebabkan seorang warga tewas, delapan lainnya luka berat dan puluhan rumah rusak parah.

Data yang dihimpun menyebut, sumber ledakan berasal dari dalam salah satu rumah di kawasan Desa Karangbendo, Kecamatan Ponggok sekira pukyl 22:30 WIB.

Kapolres Blitar Kota, AKBP Argowiyono mengatakan, bahwa ledakan yang terjadi pada Minggu malam itu diduga berasal dari bahan baku untuk pembuatan mercon atau petasan yang ada di rumah salah satu warga.

"Semantara dugaan awal penyebab ledakan adalah mercon (petasan), tapi untuk memastikan kami masih menunggu tim laboratorium forensik", ujar Kapolres Blitar AKBP Argo.

Baca Juga: Kunci Jawaban Paket C 2021 Sejarah Indonesia Modul Tema 12 Kelas 12 Latihan Soal Unit 1 Halaman 23 24 25


Korban yang sudah dipastikan meninggal dunia adalah Darman (65 tahun), pemilik rumah sumber ledakan tersebut.

"Korban ledakan yang teridentifikasi meninggal dunia adalah pemilik rumah, sementara tiga orang masih tertimbun di reruntuhan. Kemungkinan meninggal karena ditemukan potongan tubuh," ucap AKBP Argo dikutip pada Senin, 20 Februari 2023.

Baca Juga: Buruan! Beli Chery TIGGO Pro Series di IIMS 2023 Dapat Promo Menarik Lho!


Tiga orang yang diduga ikut menjadi korban merupakan keluarga dekat sang pemilik rumah. Pasalnya menurut informasi dari para tetangga saat kejadian di dalam rumah turut tinggal kedua anak Darman dan satu orang sanak saudara yang diduga ponakan Darman.

Sampai saat ini ada 8 orang yang terdata mengalami luka parah akibat kejadian ini. Keenam orang itu memang berada dekat dengan lokasi kejadian.

Argo menambahkan, ledakan juga merusak 25 rumah yang berada di dekat lokasi kejadian.

Kerusakan sendiri bervariatif mulai dari kerusakan parah sampai tak bisa ditinggali hingga kerusakan ringan.

Baca Juga: Gelar Program Internet BAIK Series 7 2023, Telkomsel Ajak Generasi Muda Ciptakan Konten Digital Positif

Video amatir setelah ledakan di Blitar ini sempat viral di media sosial. Terlihat rumah yang menjadi pusat ledakan hampir rata dengan tanah dan rumah-rumah lain disekitarnya juga tampak porak poranda.

Sebenarnya dugaan ledakan berasal dari bahan baku mercon/petasan karena terdapat informasi dari masyarakat sekitar bahwa pemilik rumah yang menjadi sumber ledakan biasa membuat mercon/petasan saat mau mendekati bulan puasa. (*)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat