bdadinfo.com

Bawaslu Desak TPU Ramah Disabilitas hingga Template Braille di Pemilu 2024 - News

Tempat Pemilihan Umum (TPU) Ramah Disabilitas Hingga Tempalte Braille Hadir Pada Pemilu 2024, Berikut Penjelasannya (bawaslu.go.id )

- Tempat Pemilihan Umum atau TPU ramah disabilitas hingga template braille hadir pada Pemilu 2024.

Kabar tersebut disampaikan langsung oleh Ketua Badan Pengawasan Pemilu Umum (Bawaslu), Rahmat Bagja.

Ia menegaskan, bahwa penyediaan sarana dan prasarana yang ramah terhadap kawan disabilitas merupakan salah satu keinginan Bawaslu.

"TPS yang ramah disabilitas misalnya, harus datar dan tidak sulit dijangkau bagi teman-teman disabilitas," kata Rahmat Bagja dikutip dari bawaslu.go.id pada Senin, 20 Februari 2023.

Baca Juga: Ditarik Paksa Leasing, Debt Collector Bentak Polisi Saat Bantu Negosiasi Tiktokers Clara Shinta

"Hal ini akan tergantung pada Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang akan bekerja ke depan dan kami mendorong KPU untuk menentukan akses TPS yang lebih baik lagi," sambungnya.

Selain itu, kata Bagja, Bawaslu juga mendorong peserta pemilu pada setiap kampanye terdapat penerjemah bagi disabilitas tuna wicara. 

Saat ini, ungkap Bagja, Bawaslu telah meluncurkan peluncuran posko kawal hak pilih dan menyediakan call center bagi kelompok rentan. 

Pria kelahiran Medan itu juga menjelaskan Bawaslu telah memetakan kerawanan kelompok rentan di setiap wilayah. Dia juga berharap RT dan RW mengambil peran dalam memberikan pendampingan kepada kelompok rentan.

Baca Juga: Eks Wakapolres Depok Obrak Abrik Markas KKB di Papua, Ini Temuannya

"Hal-hal inilah yang kami akan lakukan, juga strategi pencegahan dan kerentanan pemilih rentan, sehingga kami harapkan ke depan tidak ada lagi teman-teman pemilih rentan yang tidak mendapatkan akses," tegasnya.

Dalam kesempatan itu, Bagja juga menjelaskan beberapa kelompok retan dalam pemilu yakni pengungsi, pekerja migran, penyandang disabilitas, pemilih pemula, masyarakat adat, dan orang yang memiliki masalah administrasi kependudukan.

Baca Juga: Harga iPhone Anjlok Hingga 50 Persen! Kesempatan Beli Nih, Simak Harga Lengkapnya Disini

Sebagai informasi tambahan, hal tersebut disampaikan Rahmat Bagja pada diskusi Pemenuhan Hak Pilih Kelompok Rentan pada Pemilu Serentak 2024 yang dilaksanakan oleh Kementerian Dalam negeri di Bogor, Senin 20 Februari 2023.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat