bdadinfo.com

Pemula Wajib Tahu, Begini Cara Aman Mengendarai Mobil saat Melintas di Jalan Tol Trans Sumatera - News

Ilustrasi mengendarai mobil di jalan tol. (Freepik/bublikhaus)

Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) menghubungkan berbagai wilayah di Pulau Andalas yang panjang totalnya mencapai 2.704 km.

Rencananya, Jalan Tol Trans Sumatera seluruhnya akan beroperasi mulai tahun 2024 dengan rute menjulang dari Lampung hingga Aceh.

Saat ini, lebih dari 400 km JTTS telah bisa dilalui oleh pengendara mobil dan menjadi penopang arus kendaraan di berbagai provinsi di Sumatera.

Seperti halnya jalan tol lainnya, saat melalui JTTS juga harus ekstra waspada karena kondisinya masih baru dan belum banyak kendaraan yang melaluinya.

Baca Juga: Warga Warakas Kejar Dua Orang Terduga Maling Motor Sampai ke Atas Genteng Rumah, Warganet: Priok Nih Bos!

Bagi kamu yang baru pertama kali dan ingin melintasi JTTS, berikut adalah tips aman mengendarai mobil melewati jalur tersebut.

1. Utamakan safety driving

Keselamatan saat berkendara harus diutamakan saat melintasi JTTS yang bisa dikatakan masih sepi dan kondisi jalannya masih mulus.

Oleh karenaya, utamakan teknik berkendara yang aman agar menjaga keselamatan semua pengguna jalan. Caranya adalah jangan sekali-kali melakukan manuver yang berbahaya.

Baca Juga: Wilayah di Sumatera Barat Berpotensi Hujan Lebat pada 21 Juli 2023, Pulau Panjang Salah Satunya

Hindari mobil yang dikendarai pindah jalur secara mendadak atau menyalip kendaraan di depan dengan tiba-tiba.

2. Redam emosi

Terkadang saat mengendarai mobil ada saja gangguan dari pengendara lain yang memancing emosi. Janganlah terprovokasi oleh ulah pengendara lain dan tetaplah tenang.

Jika meladeni provokasi maka dikhawatirkan fokus dalam berkendara akan berkurang dan bisa berujung celaka.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat