bdadinfo.com

Bangga! Dapat Beasiswa IISMA, 2 Mahasiswi USU Ini Berbagi Pengalaman Kuliah di Luar Negeri - News

Dua Mahasiswi USU Ini Berbagi Pengalaman Berkuliah di Luar Negeri (Layar Tangkap YouTube Universitas Sumatera Utara )

Menempuh pendidikan di luar negeri adalah impian bagi setiap orang, terutama bagi mahasiswa dan mahasiswi di Indonesia.

Melalui hal tersebut, mereka bisa menimba ilmu sambil memperkenalkan budaya Indonesia kepada masyarakat yang ada di luar negeri.

Pengalaman inilah yang diperoleh Felicia Gracia dan Sheryll Rania, dua mahasiswi Universitas Sumatera Utara (USU) yang berhasil mendapat kesempatan berkuliah di luar negeri pada 2022 lalu.

Baca Juga: Deretan Jalan Tol Pertama Operasi di 5 Pulau Indonesia, Sumatera Jalan Tol Tertua Kedua

Kedua mahasiswi USU tersebut mendapatkannya setelah mengikuti program beasiswa Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) dari Kemendikbudristek.

Program beasiswa IISMA diperuntukkan untuk mahasiswa dan mahasiswi Indonesia di semester 4 dan 6 yang akan mendapat kesempatan berkuliah di luar negeri selama satu semester.

Felicia Gracia merupakan mahasiswi USU dari jurusan Ilmu Administrasi Bisnis yang mendapatkan kesempatan untuk berkuliah di University of Sydney, Australia.

Baca Juga: Menilik Pentingnya Rempah-Rempah yang Berfungsi Sebagai Alternatif Alami Pengobatan Tradisional di Indonesia

Sementara itu, Sheryll Rania adalah mahasiswi USU dari jurusan Sastra Inggris yang mendapat kesempatan di Newcastle University, Inggris.

Program beasiswa IISMA yang didanai oleh pemerintah ini memiliki banyak peminat, tetapi untuk seleksinya justru tidak mudah.

Mereka harus mendaftar dan mengirimkan berkas, membuat essay, tes kebangsaan, melakukan interview sampai akhirnya dinyatakan lulus.\

Baca Juga: Deretan Kota di Pulau Sumatera Dengan Penduduk Mayoritas Suku Jawa, 3 di Antaranya Dari Sumatera Utara

Peserta program juga diminta untuk melakukan beberapa proyek yang memiliki tujuan untuk mengenalkan Indonesia di mata dunia.

Felicia sendiri mengaku sudah berambisi ke luar negeri sejak lulus sekolah, dan ia mengikuti IISMA untuk mewujudkan keinginannya tersebut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat