bdadinfo.com

Deretan Jalan Tol Pertama Operasi di 5 Pulau Indonesia, Sumatera Jalan Tol Tertua Kedua - News

Deretan 5 jalan tol pertama operasi di 5 pulau Indonesia, adakah di kota kamu (bpjt.pu.go.id)

- Program pembangunan jalan tol makin digencarkan oleh pemerintahan Presiden Jokowi. Tahu nggak jalan tol pertama di Indonesia.

Dalam pernyataannya awal pekan ini, Presiden Jokowi mengatakan permintaan masyarakat untuk membangun tol tergolong tinggi lho. Jokowi bilang tiap dia kunjungan ke daerah, selalu saja ada yang menginginkan jalan tol dibangun di daerah yang ia kunjungi.

Nah ngomongon pembangunan jalan tol, tahu nggak kamu mana saja jalan tol pertama beroperasi di 5 pulau di Indonesia.

Baca Juga: Ada yang Diakui UNESCO, Ini 10 Desa Terindah dengan Pemandangan Memesona, Salah Satunya di Sumbar!

Nah yuk simak selengkapnya, dikutip dari laman Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian Pekerjaan Umum, ternyata tol pertama di 5 pulau itu termasuk di Sulawesi lho, bukan cuma Sumatera dan Jawa doang.

1. Jalan tol Jagorawi atau Jakarta Bogor Ciawi

Jalan tol Jagorawi merupakan jalan tol pertama yang dibangun di Indonesia. Jalan tol panjang ruas 59 kilometer ini sudah dibangun pada 1978 ini merupakan jalan tol tertua di Indonesia dan jalan tol pertama di Pulau Jawa. Siapa yang tiap hari lewati tol Jagorawi ini?

Baca Juga: Bukan Padang, Ternyata Pariaman Kota Pertama yang Ditempati Orang Tionghoa di Sumatera Barat, Ini Informasinya

2. Tol Belmera atau Tol Belawan Medan Tanjung Morawa

Jalan tol Belmera ini merupakan jalan tol tertua kedua yang dibangun di Indonesia. Ini adalah tol pertama beroperasi di Sumatera.

Jalan tol ini beroperasi 1986, atau sewindu setelah operasi tol Jagorawi. Ruas jalan tol ini pertama kali operasi adalah 34 kilometer.

Baca Juga: Alasan Sumbar Jadi Daerah yang Minim Dukungan Terhadap PDIP, Ternyata Ada Faktor Historis

Jalan tol ini dibangun untuk penghubung konektivitas kendaraan dari Pelabuhan Belawan menuju Medan dan Tanjung Morawa. Ada yang punya pengalaman lewat ruas tol ini? Atau malah sudah menjelajahi tol Trans Sumatera ya kalian.

3. Tol Ujung Pandang

Selanjutnya jalan tol pertama operasi adalah dibangun di Pulau Sulawesi. Pemerintah operasikan jalan tol Ujung Pandang Seksi 1 dan Seksi 2 pada 1998.

Baca Juga: 8 ‘Kota Mati’ di Indonesia yang Ditinggal Penduduknya, Salah Satunya di Pulau Sumatera

Ruas tol dengan panjang 6,6 kilometer ini menghubungkan pelabuhan dan kawasan komersial Panakkukang di Kota Makassar. Selain jalan tol pertama beroperasi di Sulawesi, ruas tol ini sekaligus merupakan jalan tol pertama operasi di Indonesia Timur.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat