bdadinfo.com

Proyek Jalan Tol Trans Sumatra yang Dulu Ditolak Sekarang Dinikmati Rakyat Indonesia - News

Proyek Jalan Tol Trans Sumatra Yang Dulu Ditolak Sekarang Dinikmati Oleh Rakyat Indonesia


- Jaringan jalan tol Trans Sumatera memiliki total panjang keseluruhan mencapai 3.042 KM yang membentang dari Banda Aceh hingga ke Bakauheni di provinsi Lampung.

Disebut koridor utama Backbone jalur Backbone itu akan melintasi Banda Aceh Medan Dumai Pekanbaru Jambi Palembang hingga berujung ke pelabuhan penyeberangan Bakauheni di Lampung.

Selain jalan yang membujur ada pula tiga ruas yang melintang dan disebut tol sirip tol sirip pertama melintas dari kota Sibolga naik ke dataran tinggi Danau Toba kemudian turun ke kota Pematang Siantar dan berakhir di kota Tebing Tinggi.

Baca Juga: Bukan di Sumbar, Ternyata Ada Terowongan Tol Lebih Bikin Merinding di Proyek JTTS

Sirip kedua dimulai dari kota Padang ke arah kota Pekanbaru melewati Bukittinggi Lalu ada sirip ketiganya dari kota Bengkulu ke arah Palembang dalam keterangan menteri Basuki disebutkan bahwa sebagian dari seluruh luas di koridor Backbone dan sirip to Trans Sumatera itu bisa selesai pada 2024.

Diprioritaskan yang dari Bakauheni Palembang sampai ke Jambi bisa diselesaikan sampai akhir tahun 2020 dari 24 ruas jalan tol Trans Sumatera JTTS yang sudah selesai dikerjakan dan mulai dioperasikan ada 10 ruas dengan panjang 684 KM semuanya disebut tahap 1 ruas-ruas lain yang sedang dikerjakan.

Dan ditargetkan rampung paling lambat 2024 dimasukkan kategori tahap 2 yang terdiri dari beberapa ruas yang saling terpisah dengan panjang 553 km adapun yang masuk tahap 3 JTTS ini.

Baca Juga: Jika Tol Trans Sumatera Finish! Riau Bisa Menang Banyak Akan Jadi Episentrum

Meliputi sejumlah ruas antara Jambi dan Pekanbaru antara dumai dan kisaran serta sejumlah ruas antara Kota Sigli hingga ke Langsa untuk tahap 4 adalah ruas-ruas pada koridor pendukung sirip yang pembangunannya belum dimulai.

Ruas demi ruas jpps tahap 2 itu pun selesai dikerjakan pada Tahun 2022 ini beberapa proyek tahap 2 jtts ini akan rampung ruas tol Banda Aceh Sigli sepanjang 74 KM dipastikan selesai pada tahun 2023.

Pada ruas yang lain jtts bakal menembus batas 2 Provinsi yakni antara Aceh dan Sumatera Utara jalur Binjai Pangkalan Brandan di Sumatera Utara sepanjang 58 KM dan berlanjut sampai ke Langsa di Provinsi Aceh sejauh 73 KM akan rampung di tahun 2020.

Kota Langsa hanya 30 km dari perbatasan Aceh Sumut dan berjarak 425 km dari Banda Aceh jarak Banda Aceh ke Medan sekitar 570 km pada tahun 2024 Langsa telah terkoneksi ke background tol Trans Sumatera warga Langsa bisa berkendaraan melalui jalan tol menuju Pangkalan Brandan Binjai Medan Kualanamu Tebing Tinggi dan berlanjut hingga Kota Kisaran.

Dengan begitu jalan tol yang telah beroperasi pada 2024 akan memanjang dari Langsa ke kisaran sejauh 260 km ruas-ruas yang sudah terbangun pada koridor Backbone JTTS itu belum bisa sepenuhnya saling terkoneksi ada masalah biaya dan waktu.

Dalam kalkulasi Kementerian PUPR pada Agustus Tahun 2022 diperlukan tambahan biaya Rp572 Triliun Rupiah untuk menyelesaikan semuanya tahap 3 dan 4 anggaran sebesar itu tidak mungkin tersedia sampai tahun 2024.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat