bdadinfo.com

Jika Tol Trans Sumatera Finish! Riau Bisa Menang Banyak Akan Jadi Episentrum - News

Jika Tol Trans Sumatera Finish! Riau Bisa Menang Banyak Akan Jadi Episentrum di Pulau Sumatra

 

- Provinsi Riau akan menjadi episentrum di pulau Sumatera jika proyek jalan tol Trans Sumatera JTTS rampung sepenuhnya dan semua ruas tol terkoneksi utuh dan bagaimana potensi provinsi Riau kedepannya

BPS provinsi Riau disebutkan jika semua jalan tol Trans Sumatera tersambung maka Riau akan menjadi tempat transit dan persinggahan bagi pengguna jalan tol Sumatera dari berbagai penjuru jalan tol di Riau terintegrasi dengan wilayah ujung utara hingga selatan Pulau Sumatera.

Keberadaan jalan tol lintas provinsi ini akan menumbuhkan pusat-pusat industri baru beserta kawasan baru di jalur JTTS apalagi Riau yang berada di tengah-tengah Pulau Sumatera.

Baca Juga: Hotel Murah di Bukittinggi, Hotel Pusako Dekat Jam Gadang dan Museum Rumah Kelahiran Bung Hatta

Sebagai daerah yang berada di tengah Pulau Sumatera melewati jalan tol akan sangat mudah menjangkau provinsi Riau salah satu sektor yang akan terdampak langsung adalah pariwisata beberapa spot wisata populer Riau akan semakin mudah dijangkau diantaranya Candi Muara Takus dan lainnya.

Juga akan terdampak pula pada dunia perhotelan di Riau jika sektor pariwisata ter dongkrak maka ini akan mendorong pertumbuhan sektor usaha lainnya yang juga akan berdampak pada lapangan kerja.

Mulai dari usaha jasa akomodasi makan minum transportasi bisnis informasi dan komunikasi perdagangan dan jasa lainnya dimana 5 usaha ini pada triwulan 3 2022 PDRB Riau telah menyumbang sebesar 11,89%.

Baca Juga: Deretan Orang Kaya Raya Asal Aceh, Nomor 1 Penyumbang 28 kg Emas untuk Puncak Tugu Monas

Prediksi Riau akan jadi episentrum Sumatera bahwa Riau diuntungkan Karena posisinya ada di tengah pulau Sumatera di jalur JTTS. Jika Riau sudah terhubung dengan semua provinsi tetangganya posisi Riau ada di tengah maka akan jadi Epicentrum di Sumatera.

Tol Riau juga berpotensi pecah telur terkoneksi duluan dibanding tol lain di daerah Sumatera yang terdampak proyek jalan tol Trans Sumatera JTTS.
.
Beberapa ruas jalan tol di Riau bahkan telah rampung dan mulai digunakan diantaranya tol Pekanbaru Dumai yang beroperasi sejak September 2020 dan tol Pekanbaru Bangkinang yang mulai beroperasi Januari 2023.

Baca Juga: Pimpin Derah Tertinggal di Lampung, Kekayaan Bupati Pesisir Barat Agus Istiqlal Naik Drastis

Tol Riau juga telah mendekat ke arah Sumbar saat ini sedang dalam tahap konstruksi tol Bangkinang pangkalan pangkalan menjadi titik akhir tol Riau menuju provinsi Sumbar seksi tol Pekanbaru Bangkinang sepanjang 30,9 KM kemudian dilanjutkan dengan seksi tol Bangkinang Koto Kampar tol Bangkinang Koto Kampar adalah sambungan tol Pekanbaru Bangkinang menuju ke arah Sumatera Barat.

Menurut eksekutif Vice President sekretaris perusahaan PT Hutama Karya Cahyo Purnomo progress konstruksi jalan tol Bangkinang Koto Kampar saat ini telah mencapai 74,9% dengan total panjang 24,7 km

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat