bdadinfo.com

Istimewa Cuma Satu di Indonesia, Jalan Tol Pekanbaru Dumai Punya Banyak Terowongan Gajah, Jokowi Beri Atensi - News

Istimewa cuma satu di Indonesia, jalan tol Pekanbaru Dumai ada banyak terowongan gajah, Jokowi beri atensi  (BPMI Setpres/Laily Rachev)

- Ada yang unik dari ruas jalan tol Pekanbaru Dumai. Tahu nggak di ruas tol Pekanbaru Dumai ini, gajah bebas berkeliaran. bisa lewwati jalan tol tersebut lho.

Lho kok bisa, konsepnya bagaimana ini. Jalan tol kan jalan bebas hambatan, kok gajah bisa bebas berkeliaran di jalan tol itu.

Jadi nih di ruas tol Pekanbaru Dumai, dibuat jalur khusus untuk gajah lho. Pengelola tol membuat terowongan gajah, khusus untuk jalan hewan besar tersebut.

Baca Juga: Supermarket Islami Idenya dari Eropa, Kisah Rusman Maamoer Pengusaha Padang Digoda Jual Barang Haram

Pembangunan terowongan gajah ini adalah satu-satunya di Indonesia lho. Makanya ruas jalan tol Pekanbaru Dumai itu tergolong unik.

Keberadaan terowongan gajah itu mendapat dukungan dari Presiden Jokowi.

Jokowi mengatakan pembangunan infrastruktur di Tanah Air harus tetap memperhatikan kelestarian lingkungan dan menjamin keberlangsungan hidup satwa liar.

Baca Juga: 7 Deretan Rekomendasi Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi Ketika Berada di Pekanbaru, Riau

"Saya terus mengingatkan mengenai pentingnya juga memperhatikan lingkungan, seperti yang kita bangun Jalan Tol Pekanbaru-Dumai misalnya, ada terowongan untuk lintasan gajah sebanyak enam tempat," ucap Presiden Jokowi di KM 12 ruas tol Pekanbaru-Dumai, pada 5 Januari 2023 silam.

Ternyata pembuatan terowongan gajah di ruas tol tersebut selain untuk membuat jalan tol berkarakter, juga supaya menjadi identitas dan daya tarik.

"Karakter terowongan gajah ini bisa diangkat oleh ruas Jalan Tol Pekanbaru - Dumai yang merupakan jalan tol di Indonesia satu-satunya yang memiliki terowongan gajah. Hal ini dapat dikemas dengan karakter sehingga identitas keanekaragaman hayati itu bisa melekat di ruas ini," jelas penilai tata lingkungan jalan tol, Sudirman dikutip dari laman Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian PUPR.

Baca Juga: Tumbuhan Buah Mahal Asal Australia Bikin Tajir Warga Sumbar Cuma Tumbuh di Kaki Gunung Kerinci

Sudirman mengatakan, karakter jalan tol dengan terowongan gajah ini tetap harus diperhatikan nilai keindahannya dengan baik karena salah satu poin dari jalan tol berkarakter ini adalah bagaimana lanscape ini tetap indah dan nyaman dipandang dari segala segi aspek.

Buat informasi kamu ya, pada ruas jalan tol Pekanbaru Dumai terdapat 5 terowongan gajah di KM 61, KM 69, KM 71, dan KM 74.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat