bdadinfo.com

Tumbuhan Buah Mahal Asal Australia Bikin Tajir Warga Sumbar Cuma Tumbuh di Kaki Gunung Kerinci - News

Kacang Makadamia (ist)

- Warga Sumatera Barat (Sumbar) sangat beruntung memiliki tumbuhan yang buahnya memiliki harga mahal, bahkan bisa bikin tajir.

Tumbuhan yang buahnya berasal dari Australia ini, telah menjadi penghasilan dan andalan bagi masyarakat Lubuk Gadang Selatan Kecamatan Sangir Kabupaten Solok Selatan, tepatnya di kaki Gunung Kerinci.

Lantas tumbuhan dengan buah apa ya, yang ternyata memiliki harga sangat mahal dan menjadi komoditas utama penghasilan masyarakat di Solok Selatan ini.

Baca Juga: Berbagai Macam Olahan Kacang Mete Kendari yang Cocok Dijadikan Oleh-oleh Penuh Nutrisi

Baca Juga: Mudah Banget! Inilah Resep Mini Cupcake Cokelat dengan Selai Kacang, Cocok buat Cemilan

Baca Juga: Dua Remaja Alami Hipotermia di Gunung Marapi Sumbar Akhirnya Berhasil Dievakuasi Tim SAR Gabungan

Tumbuhan dengan buah jenis polong atau kacang-kacangan yang mahal tersebut merupakan kacang Makadamia (Macadamia). Tumbuhan asal Australia ini berhasil di budi dayakan masyarakat kaki gunung Kerinci.

Karena memang tumbuhan ini hanya bisa hidup di daerah dengan suhu dingin atau berada di 500 atas permukaan laut dan maksimal ada di 1500 atas permukaan laut.

Kondisi geografis wilayah Solok Selatan kaki gunung Kerinci, memiliki suhu yang sangat mendukung untuk tumbuhan Makadamia berkembang dan tumbuh subur.

Baca Juga: Kenyal dan Gurih, Ini Resep Siomay Saus Kacang yang Mudah Dibuat Sendiri

Baca Juga: Resep Iga Bumbu Kacang ala Chef Norman Ismail, Nikmat dengan Taburan Sambal Matah!

Baca Juga: Ternyata Ini Deretan BUMD Sumbar, Ada yang Berjaya dan Ditutup Karena Terus Merugi

Makadamia merupakan tumbuhan yang bisa berbuah setelah memasuki usia tanam 7 tahun dengan maksimal panen dalam setahun sebanyak 4 kali.

Kacang Makadamia sendiri memiliki kulit atau cangkang yang cukup keras, sehingga saat panen dibutuhkan alat sebagai pemecah kulit dari buah kacang Makadamia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat