bdadinfo.com

Bukan di Sumbar, Ternyata Ada Terowongan Tol Lebih Bikin Merinding di Proyek JTTS - News

Bukan di Sumbar, Ternyata Ada Terowongan Tol Lebih Bikin Merinding di Proyek JTTS

- Terowongan Tol yang bikin kita merinding mendengarnya, bukan terowongan Tol di Sumatra Barat, lalu terowongan Tol manakah?

Setelah 81 Tahun lalu ,tepatnya tahun 1942, Jepang pernah mencatat sejarahnya di tanah Sumbar ,dengan membuat sebuah terowongan di Bukittinggi.

Dulu, terowongan itu dibuat oleh tentara Jepang ,atas perintah Letjen Moritake Tanabe ,yaitu Panglima Angkatan Darat Jepang yang berkuasa waktu itu.

Baca Juga: Jika Tol Trans Sumatera Finish! Riau Bisa Menang Banyak Akan Jadi Episentrum

Tak main-main, terowongan yang dibuat Jepang itu sangatlah panjang ,yaitu 6 kilometer, menjadi salah satu terowongan terpanjang di Asia. Lebarnya 2 meter dengan kedalamannya 49 meter di bawah permukaan tanah.

Ada info Yang lebih menarik perhatian kita semua tentang terowongan tol yang akan dibangun menembus perbukitan. ternyata,Bukan terowongan di ruas Tol Sumbar yang bikin kita terengah.

Tapi ada satu terowongan yang lebih bikin merinding di proyek Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS). terowongan tol manakah itu, berikut rangkuman informasinya.

Baca Juga: Hotel Murah di Bukittinggi, Hotel Pusako Dekat Jam Gadang dan Museum Rumah Kelahiran Bung Hatta

JTTS yang banyak menempuh jalur Bukit Barisan, memang telah memaksa pengembang membuat beberapa terowongan untuk bisa menembusnya.

Dalam desainnya, terowongan tol tak hanya dibangun di Sumbar ,namun juga akan digali di ruas tol lain. yaitu, Berada di antara dua Provinsi .Provinsi Sumsel dan Bengkulu, tepatnya di ruas tol Lubuk Linggau - Curup - Bengkulu.

Kenapa bikin merinding?
Karena Panjang terowongan ini mencapai 7 kilometer ,dan berada di kedalaman yang sangat menyeramkan.

Baca Juga: Deretan Orang Kaya Raya Asal Aceh, Nomor 1 Penyumbang 28 kg Emas untuk Puncak Tugu Monas

7 Kilometer bukanlah jarak yang pendek, jika di China ada terowongan bernama Tiantaishan yang memiliki panjang 15,56 kilometer ,maka terowongan jalan tol trans Sumatera satu ini, setengah dari panjang terowongan Tiantashan.

Mengutip data dari Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian PUPR, terowongan tol ini memiliki kedalaman 352 meter, bisa dibayangkan bagaimana kita berkendara di tengah terowongan yang kedalamannya tidak biasa ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat