bdadinfo.com

Ternyata Mesin Bor Terowongan Tol Padang Pekanbaru Tak Kalah dengan 10 Mesin Bor Raksasa Dunia - News

Ternyata Mesin Bor Terowongan Tol Padang Pekanbaru Tak Kalah dengan 10 Mesin Bor Raksasa Dunia (Harian haluan/ YouTube 10 Top File )

- Proyek jalan tol Padang Pekanbaru membuat decak kagum publik. Pasalnya, mesin bor yang digunakan untuk melakukan pengeboran bukit yang menghubungkan Pangkalan, Riau dengan Kabupaten Lima Puluh Kota di Sumbar.

Bor terowongan Tunnel Boring Machine (TBM) ini mampu melakukan pengeboran 8-10 meter sehari dengan total panjang terowongan yang akan dibor 8,9 km.

Namun, ternyata mesin bor Tol Padang Pekanbaru tidak kalah dengan 10 mesin bor raksasa di dunia yang telah berhasil membuat terowongan di medan-medan sulit.

Baca Juga: Melongok Mesin Bor Jepang untuk Jebol Perut Bukit Barisan Tol Padang: Dulu di Jakarta, Tahan Gempa

Berikut 10 mesin bor raksasa di Dunia yang memiliki panjang hingga 310 meter dirangkum News pada, Kamis 20 Juli 2023 dari Top File:

1. Mesin bor terowongan Dame Whina Cooper

Mesin bor terowongan ini merupakan jenis pelindung tertutup dengan diameter 7,15 meter yang diproduksi Jerman.

Dame Whina Cooper memiliki panjang 310 meter dan berat 910 ton.

Baca Juga: Anggaran Tembus Rp9 Triliun, Proyek Terowongan Jalan Tol Trans Sumatera Gunakan Alat Canggih Ini!

Bagian kepala bor pemotong raksasa ini berfungsi memecah dan menghilangkan material yang dibor lalu memasang segmen beton yang membentuk terowongan dengan dorongan slinder hidrolik.

Bor Dame Whina Cooper mampu melaju 32 meter setiap hari dan mesin bor ini telah digunakan untuk membangun terowongan bawah tanah di kota Auckland Selandia Baru sepanjang 1,6 km.

2. Mesin bor terowongan Florence

Mesin terowongan Florence merupakan mesin bor terowongan dengan perisai tertutup memiliki diameter 9,1 meter produksi Jerman.

Memiliki panjang 170 meter dan berat 2.000 ton. Dengan torsi 16.300 kilo Newton meter. Dengan daya 3.500 killo Watt. Bisa melaju 15 meter dalam sehari dengan 17 orang awak.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat