bdadinfo.com

Simak Kisah Malin Kundang, Cerita Rakyat Sumatera Barat Jangan Sampai Hilang Ditelan Zaman - News

Ilustrasi Mlain Kundang (YouTube Dongeng Kita)

- Malin Kundang merupakan cerita legendaris asal Sumatera Barat. Meskipun sudah sangat familiar, namun cerita ini memiliki makna yang sangat mendalam.

Simak kisah Malin Kundang, cerita rakyat asal Sumatera Barat yang melegenda berikut ini.

Pada zaman dahulu kala hiduplah seorang anak bernama Malin Kundang bersama ayah dan ibunya yang miskin, mereka tinggal di sebuah desa di tepi pantai.

Baca Juga: Patut Dilirik Lulusan SMA! Prodi Rekayasa Keolahragaan Institut Teknologi Sumatera, Satu-satunya di Indonesia

Desa itu kecil dan sepi penduduknya, banyak yang merantau untuk mencari penghasilan lebih, tidak banyak yang bisa dilakukan di desa mereka tanahnya gersang.

Malin Kundang suka sekali bermain Setiap hari kerjanya hanya mengejar ayam satu-satunya milik orang tuanya

Suatu hari ayah Malin Kundang hendak pergi merantau ke negeri seberang, konon katanya negeri seberang sangat kaya, dan mencari uang di sana sangat mudah.

Baca Juga: 5 Makanan Khas Minangkabau Sumatera Barat yang Sulit Ditemukan Saat Perantauan, Pasti Kangen Nih Kalau Lihat!

Hari berganti bulan bulan berganti tahun dan tahun berjalan, tanpa terasa Malin sekarang menjadi pemuda yang tampan dan kuat, dia mulai bosan tinggal di desa yang sepi dan miskin.

Lalu dia ingin merantau seperti ayahnya. Malin Kundang lalu meminta izin kepada ibunya untuk merantau ke negeri seberang.

Di perantauan, Malin Kundang bekerja keras siang dan malam hanya, yang ada dalam benaknya yaitu menjadi orang kaya. Tekad dan kerja kerasnya membuahkan hasil.

Baca Juga: Jalan Tol Sibanceh, Sigli-Banda Aceh Seksi 5 dan 6 Sudah Dibuka Gratis Lho! Boleh Dicoba

Malin pun menjadi kaya, punya kapal besar dengan 100 awak kapal.

Suatu hari Malin Kundang mengajak istrinya berlayar dengan kapal mewahnya, mereka berlabuh di pelabuhan Desa kampung halaman Malin Kundang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat