bdadinfo.com

Apa Itu Waterspout? Fenomena Tornado Air di Danau Toba Sumatera Utara - News

Fenomena Waterspout di Danau Toba. (Tangkapan Layar Twitter @HumanDilemma_)

– Muncul fenomena alam yang unik di Danau Toba, Sumatera Utara pada Minggu, 20 Agustus 2023 lalu,

Secara tiba-tiba, muncul Waterspout di tengah-tengah danau vulkanik terbesar di Indonesia tersebut. Tak hanya satu, tampak ada dua Waterspout yang menjulang tinggi dari permukaan air.

Melalui video yang diunggah akun Twitter @HumanDilemma_, tampak langit yang gelap menyelimuti kala fenomena alam tersebut terjadi.

Baca Juga: Tatap Liga 2, Persiraja Gelar Ujicoba Lawan 2 Tim, Salah Satunya Tim Kuat Asal Malaysia

Lalu, apa itu Waterspout ? Menurut NOAA, Badan Kelautan Dan Atmosfer Amerika Serikat, Waterspout adalah fenomena tornado yang terjadi di air atau bergerak dari daratan ke perairan.

Kemunculan Waterspout atau belalai air ini biasanya dibarengi dengan badai petir, sama seperti tornado daratan. Karakterstik lainnya adalah adanya angin kencang dan gelombang air yang tinggi.

Namun, Waterspout juga bisa terjadi di cuaca yang tidak buruk. Di mana biasanya, pusaran air akan bergerak dari bawah ke atas.

Baca Juga: Cerita Rakyat Karo: Guru Petawar Dukun Sakti dari Tanah Karo Bisa Menghidupkan Orang Mati

Biasanya kemunculannya akan bersamaan dengan awan cumulus. Fenomena inilah yang terjadi di Danau Toba.

Waterspout biasanya akan berbentuk vortex atau spiral yang memiliki ketinggian rata-rata 50 meter dengan kecepatan angina mencapai 80 kilometer per jam. Diameter Waterspout terbesar yang pernah diukur mencapai 100 meter dan terjadi selama satu jam.

Fenomena alam unik ini biasanya terjadi di wilayah-wilayah tropis seperti Australia atau Yunani.

Baca Juga: Asal-usul Kolam Sampuraga di Sumatera Utara, Cerita Rakyat yang Mengingatkan untuk Berbakti Kepada Orang tua

Kejadian di Danau Toba, Sumatera Utara bisa dibilang sebagai kejadian langka yang cukup jarang bisa disaksikan.

Ancaman yang ditimbulkan Waterspout juga beragam, apabila dibarengi oleh badai petir, kecenderungan bahaya menjadi meningkat karena ada potensi tornado akan bergerak ke daratan.

Apabila terjadi di cuaca yang tidak buruk, cukup untuk tidak mendekati pusaran air karena kecepatan angin disekitarnya cukup untuk menghempaskan perahu atau helicopter yang berada di dekatnya.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat