bdadinfo.com

Cerita Rakyat Karo: Guru Petawar Dukun Sakti dari Tanah Karo Bisa Menghidupkan Orang Mati - News

Cerita Rakyat Karo: Guru Petawar Dukun Sakti dari Tanah Karo Bisa Menghidupkan Orang Mati

- Ada sebuah cerita rakyat Sumatera Utara di Tanah Karo terdapat satu kampung yang bernama Kandibata. Dahulu kampung tersebut dikenal oleh semua orang dari segala penjuru jadi cerita rakyat Karo.

Karena di kampung tersebut hidup seorang Guru Mbelin (Dukun Sakti) bernama Guru Pertawar Reme (Guru Kandibata) bagian dari cerita rakyat Karo.

Dalam cerita rakyat Karo dimana ia beristrikan seorang Guru Mbelin juga yang menghasilkan dua keturunan yaitu Beru Tandang Karo dan Beru Tandang Meriah.

Kesaktian Guru Kandibata tersebut tersiar hingga ke negeri – negeri di luar Tanah Karo Simalem.

Baca Juga: Tradisi Tabuik, Tradisi Asal Minangkabau yang Tak Lekang oleh Waktu: Diperingati pada Tanggal 10 Muharram

Beliau bisa meramal hari (Niktik Wari), mengobati segala sakit penyakit, bahkan menghidupkan kembali orang mati, asal jenazah orang tersebut masih utuh dan belum mencapai 4 hari kematian.

Pada suatu hari, timbullah penyakit cacar yang menjangkiti Tanah Alas di daerah Aceh.

Penyakit yang mewabah tersebut mengakibatkan korban jiwa yang tidak sedikit, sehingga timbullah kepanikan yang luar biasa.

Keresahan rakyat Tanah Alas menyebabkan Raja Alas menjadi was – was. Raja Alas adalah seorang Raja yang kekayaan beliau tiada terhingga.

Dengan uang dan upah yang tidak terbatas, beliau menyuruh para pengikut beliau untuk mendatangkan tabib dan dukun dari seluruh penjuru negeri. Namun tidak ada satu pun yang berhasil mengobati wabah tersebut.

Hingga pada suatu hari, beliau mengutus orang kepercayaan untuk meminta pertolongan Guru Kandibata yang tersohor kesaktiannya dari negeri sebelah.

Raja Alas bahkan bersedia memenuhi segala permintaan Guru Kandibata apabila beliau bersedia dating ke Tanah Alas dan mengobati wabah cacar tersebut.

Baca Juga: Polemik Mega Proyek Water Tank PDAM Tirta Asasta Depok, Anggota DPR Ini Pasang Badan!

Tertarik dengan harta kekayaan yang dijanjikan oleh sang utusan Raja Alas, dengan cepat Guru Kandibata menyanggupi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat