bdadinfo.com

Keren! Universitas Indonesia Pamerkan Bus Listrik dalam Pameran Internasional - News

Bus Listrik Universitas Indonesia

- Sebagai kampus perguruan tinggi Universitas Indonesia (UI) turut berinovasi dalam pengembangan kendaraan listrik. Salah satu hasil karyanya adalah bus listrik.

Tidak tanggung-tanggung, UI yang diwakili oleh Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) turut memamerkan kendaraan listrik karya ciptanya di ajang INAPA 2023 di JIEXPO.

INAPA merupakan akronim dari Indonesia International Trade Show for Automotive Industry. Pelaksanaanya dari tanggal 24-26 Mei 2023.

Baca Juga: Hapus Semua Postingan Instagram, Agensi Lee Seung Gi Beberkan Alasannya

Dekan Fakultas Teknik UI, Prof. Heri Hermansyah, S.T., M.Eng., IPU menyampaikan kehadiran UI membawa teknologi bus listrik diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat.

“Bus listrik merupakan inovasi yang penting dalam sektor transportasi, dan kami berharap dapat menginspirasi masyarakat tentang pentingnya menggunakan energi bersih dan mengurangi emisi karbon.” ungkap Prof. Heri Hermansyah.

Tidak hanya itu, UI juga berharap melalui partisipasi ini dapat menjadi pemimpin dalam mendorong penggunaan kendaraan listrik di Indonesia.

Baca Juga: Tak Ada Perlakuan Khusus Untuk Mario Dandy di Rutan Cipinang, Ditempatkan Bersama 16 Tahanan Lainnya

Sebagai institusi pendidikan UI juga berharap dapat menyebarkan kesadaran akan pentingnya melindungi lingkungan kepada masyarakat.

Dalam perkembangan ke depannya Kepala Research Center for Advanced Vehicles (RCAVe), Dr. Ir. Feri Yusivar, M. Eng. menyampaikan akan turut meningkatkan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

“Secara bertahap komponen bus listrik ini akan kita produksi sendiri. Yang pada awalnya kita merakit dari komponen impor, kita mulai ganti satu persatu dengan komponen dalam negeri untuk meningkatkan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN),” ungkap Ir. Feri Yusivar.

Baca Juga: Presiden Uganda Tetapkan RUU Anti-Gay, Joe Biden Memanas

Bus Listrik untuk Penggunaan di Lingkungan Kampus

Bus listrik karya periset FT Universitas Indonesia sebelumnya digunakan dalam ajang Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat