bdadinfo.com

Pakar UGM Tak Sarankan Berolahraga di Pagi Hari Saat Puasa, Berisiko karena Alasan Ini - News

Pakar UGM tak sarankan berolahraga di pagi hari saat sedang puasa, berisiko karena alasan ini. (Pixabay.com/Andrzej Rembowski )

Berolahraga sebaiknya rutin dilaksanakan, apalagi karena aktivitas fisik ini punya manfaat untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar.

Meskipun sedang menjalani ibadah puasa, berolahraga ternyata tetap dianjurkan untuk dilakukan. Namun, menurut pakar UGM ada waktu-waktu tertentu yang disarankan untuk melakukan olahraga.

Selain ada waktu tertentu yang disarankan untuk melakukan aktivitas fisik ini, rupanya ada juga waktu yang tidak direkomendasikan untuk berolahraga yakni di pagi hari karena berisiko. Simak artikel berikut.

Baca Juga: Hidangan Kuliner Khas Sumbar untuk Lebaran, Cita Rasanya Bikin Rindu Kampung Halaman

Menurut Dosen Departemen Gizi Kesehatan, FKKMK UGM, Tony Arjuna, S.Gz., M.Nut.Diet., AN., APD., Ph.D., menjelaskan olahraga saat berpuasa tetap bisa dilakukan, namun di waktu yang tepat seperti mendekati waktu berbuka atau setelah melaksanakan salat tarawih.

“Saat berpuasa kalau mau melakukan olahraga idealnya saat dekat-dekat dengan waktu buka, 30 menit sampai 1 jam sebelum berbuka atau setelah tarawih,” kata Tony Arjuna.

Sementara itu, ia tidak merekomendasikan olahraga di pagi hari saat berpuasa.

Baca Juga: Cukupi Konsumsi Harian Air Putih Bantu Turunkan Berat Badan Lho, Simak Panduan Minum di Bulan Puasa Yuk

Menurutnya, berolahraga di pagi hari ketika berpuasa tidak ideal dilakukan bahkan cenderung berisiko bagi yang tidak terbiasa.

Sebab, saat berolahraga penggunaan kalori lebih banyak yang akan membuat gula darah lebih cepat turun.

Hal itu akan membuat tubuh lemas dan akan terasa lapar sepanjang hari.

Baca Juga: Saat Puasa Perhatikan Asupan Gula, Garam, dan Lemak agar Tak Lampau Batasan Harian! Segini Takarannya

Kondisi tersebut akan berisiko tinggi terutama bagi penderita diabetes karena bisa terkena serangan hipoglikemia yang membahayakan nyawa.

“Jadi, tidak ideal berolahraga di pagi hari saat puasa karena ketahanan tubuh lebih lemah karena badan jauh lebih lemas dari biasanya ketika tidak puasa,” ujarnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat