bdadinfo.com

26 Juni Hari Anti Narkotika Internasional, Berikut Sejarah, Makna, dan Alasan Diperingati - News

Ilustrasi Hari Anti Narkotika Internasional. (Pexels/Piyapong Sayduang )

- Tanggal 26 Juni merupakan peringatan penting bagi pemberantasan Narkoba di seluruh dunia.

Pada tanggal tersebut, seluruh dunia memperingatinya sebagai Hari Anti Narkotika Internasional (International Day Against Drug Abuse and Illicit Trafficking).

Hari ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan memobilisasi masyarakat internasional dalam perang melawan penyalahgunaan narkoba dan perdagangan narkotika ilegal.

Hari Anti Narkotika Internasional didirikan oleh Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada tanggal 7 Desember 1987 melalui Resolusi 42/112.

Baca Juga: Eks Rektor Ibnu Chaldun Diskak Mat Gibran saat Posting Foto Anies Bersama Raja Arab

Tujuan utama peringatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran global tentang bahaya narkotika dan peran yang dapat dimainkan oleh masyarakat, pemerintah, dan organisasi internasional dalam melawan masalah penyalahgunaan narkoba.

Peringatan Hari Anti Narkotika Internasional memiliki beberapa tujuan yang penting.

Pertama, hari ini memberikan kesempatan bagi masyarakat, pemerintah, dan organisasi internasional untuk berkolaborasi dan memperkuat upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba.

Kedua, peringatan ini meningkatkan kesadaran akan bahaya narkotika dan kerusakan yang ditimbulkannya pada individu, keluarga, dan masyarakat.

Ketiga, Hari Anti Narkotika Internasional mempromosikan pemulihan dan rehabilitasi bagi mereka yang terkena dampak penyalahgunaan narkoba.

Dikutip dari situs PBB, Hari Anti Narkotika Internasional 2023 memiliki tema "People first: stop stigma and discrimination, strengthen prevention" yang diterjemahkan sebagai "Utamakan manusia: hentikan stigma dan diskriminasi, perkuat pencegahan".

Baca Juga: BEM UGM Kritik Terjadinya Perubahan Kebijakan UKT, sampai Bikin Parodi Film Star Wars!

Setiap tahunnya, Hari Anti Narkotika Internasional atau Hari Internasional Menentang Penyalahgunaan Narkoba dan Peredaran Gelap dirayakan untuk memperkuat upaya dan kerjasama dalam mencapai dunia bebas dari penyalahgunaan narkoba.

Kampanye tahun ini bertujuan untuk melawan stigma dan diskriminasi terhadap pengguna narkoba dengan mempromosikan penggunaan bahasa dan sikap yang penuh hormat dan bebas dari penilaian negatif.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat