bdadinfo.com

Psikolog Membagi Tahap Perkembangan Dewasa menjadi Empat, di Tahap Mana Anda Berada? - News

Tahap perkembangan manusia (Iflscience)

 

- Selama bertahun-tahun, banyak pemikir terkenal yang mencoba mendefinisikan tahap-tahap pertumbuhan yang dialami oleh setiap individu dalam mencapai dewasa. 

Shakespeare menguraikan "tujuh tahap manusia" dalam karyanya As You Like It. Freud juga memiliki konsep lima tahap perkembangan manusia yang terkenal. 

Namun, pada era modern, kita dapat melihat model-model alternatif yang lebih sedikit fokus pada seksualitas, termasuk salah satu yang diusung oleh seorang pengusaha Amerika dalam sebuah buku yang sangat terkenal.

Baca Juga: Dono Kasino Indro di Dongkrak Antik Hadir, Ini Jadwal Trans 7 pada Kamis 6 Juli 2023 dan Link Stream

Stephen R. Covey, yang telah meninggal, pertama kali menerbitkan buku yang terkenal sepanjang masa, The Seven Habits of Highly Effective People, pada tahun 1989. 

Anda pasti akan menemui buku ini ketika membaca literatur self-help. Covey mengembangkan konsep tujuh kebiasaan berdasarkan ide dasar tentang perkembangan manusia yang ia sebut sebagai Maturity Continuum. Konsep ini membagi pertumbuhan pribadi menjadi tiga tahap yang berbeda:

Tahap Ketergantungan - pada tahap ini, anak-anak mengandalkan orang tua atau pengasuh mereka untuk memenuhi semua kebutuhan mereka.

Tahap Kemandirian - pada tahap ini, remaja dan dewasa muda mulai menemukan identitas dan menjadi mandiri.

Tahap Interdependensi - tahap ini menekankan pentingnya kerja sama dan kolaborasi dalam mencapai tujuan bersama, meskipun pendekatan yang digunakan oleh individu mungkin berbeda.

Baca Juga: Mengintip Kondisi Venus, Begini Rasanya Menghabiskan 5 Detik di Planet Kembaran Bumi

Seorang penulis untuk Psychology Today, Bob Taibbi, juga menyisipkan satu tahap lagi yang disebut "counter-dependence" antara tahap "ketergantungan" dan "kemandirian". 

Tahap ini menunjukkan periode dimana banyak remaja mulai menjauh dari orang tua dan lebih mengandalkan kelompok teman sebaya sebagai sumber dukungan utama.

Meskipun model ini secara umum mencoba menggambarkan perkembangan dari masa kanak-kanak hingga dewasa yang matang, usia bukanlah faktor penentu disini, seperti yang dijelaskan dalam sebuah artikel Medium tahun 2021 tentang konsep ini. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat