bdadinfo.com

Mengenal Sutan Muhammad Zain, Profesor Asal Sumbar yang Jadi Pelopor Bahasa Indonesia - News

Soetan Moehammad Zain (Wikipedia)

- Sumatera Barat tak hanya dikenal dengan kultur dan adat istiadatnya yang kuat, atau makanan lokal dengan cita rasa yang khas dan pesona alam yang memanjakan mata.

Tetapi, Bhumi Malayu ini ternyata juga dikenal sebagai tempat lahirnya tokoh-tokoh berpengaruh di Indonesia, bahkan hingga ke dunia internasional.

Kehadarian para tokoh terkenal ini, baik yang berkiprah di dunia akademik, kebudayaan, politik hingga bisnis, tentu memberikan subangsih yang berarti untuk peradaban bangsa Indonesia.

Baca Juga: Kabupaten Agam Dihantam Galodo di Beberapa Titik, 2 Warga Hilang, 1 Ditemukan Tewas

Kali ini, secara khusus mengulas tentang salah satu tokoh terkenal asal Sumatera Barat, yakni Prof. Sutan Muhammad Zain.

Akademisi kelahiran Sungai Pasak, Padang Pariaman, Sumatera Barat ini merupakan pakar bahasa terkemuka di Indonesia.

Sutan Muhammad Zain menjadi tokoh kunci dalam sejarah perkembangan Bahasa Indonesia yang kita gunakan hari ini.

Profesor jebolan Leiden Belanda ini merupakan penyusun gramatika Bahasa Melayu, yang menjadi pendahulu dan dasar-dasar gramtika Bahasa Indonesia.

Kehidupan dan sederet karya monumental

Karier akademik Prof. Sutan Muhammad berawal pada tahun 1911, dimana saat itu dia menjadi guru Bahasa Melayu di Prince Hendrik School, Batavia.

12 tahun kemudian, tepat pada tahun 1923, ia mendapat beasiswa untuk memperdalam bahasa di di Rijksuniversiteit Leiden Belanda.

Keuletannya membuahkan hasil, hingga akhirnya menjadi pribumi Indonesia pertama yang memiliki ijazah tertinggi dalam penguasaan Bahasa Melayu.

Prof. Sutan Muhammad juga menjadai salah satu sosok pribumi Indonesia yang diakui di kalangan ilmiah.

Zain, untuk pertama kali menyusun gramatika Bahasa Melayu, yang menjadi pendahulu dan dasar-dasar gramatika Bahasa Indonesia pada jaman Jepang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat