bdadinfo.com

Kerambit, Senjata Tradisional Minangkabau yang Terkenal jadi Senjata Pasukan Elit Tentara Dunia - News

Kerambit, senjata tradisional minangkabau ( youtube DAFTAR GALERI)

- Kerambit bisa dibilang merupakan salah satu pisau paling mematikan di dunia yang memiliki keunikan yang tak dimiliki kebanyakan senjata lain.

Kerambit pertama kali diketahui dipakai orang-orang Indonesia tepatnya menjadi senjata tradisional Minangkabau dan menyebar ke berbagai wilayah lain lewat jalur perdagangan.

Senjata yang sangat mematikan dan berbahaya ini pun popular di beberapa negara di dunia seperti di negara Malaysia, Australia, Amerika, dan Kanada.

Baca Juga: Deretan Kopi Sumatera yang Jadi Primadona, Cita Rasanya Diakui Dunia! Nomor 5 Kebanggaan Masyarakat Minang

Di Indonesia sendiri kerambit biasa digunakan untuk silat Sumatera seperti halnya silat harimau atau silek harimau Minangkabau yang biasa disebut kurambiak atau karambiak.

Bentuknya melengkung ke depan dengan kombinasi ukuran yang kecil bisa dipakai dua buah sekaligus di masing-masing tangan menjadikannya sangat mudah diaplikasikan.

Awal mulanya kerambit terinspirasi dari cakar harimau yang banyak ditemukan di hutan Sumatera terlebih di wilayah Sumatera Barat.

Pada zaman dulu, kerambit hanya dimiliki dan dimaninkan oleh para datuk dan kalangan raja saja sehingga dianggap rahasia dan untuk kalangan tertentu saja.

Namun, ada pula sumber lain yang menyebut bahwa kerambit dipakai oleh orang Indonesia zaman dulu untuk kebutuhan sehari-hari.

Misalnya para petani, nelayan, hingga pemburu memakai pisau ini untuk mempermudah pekerjaan mereka.

Kerambit dinilai sangat membantu pekerjaan manusia apalagi bobotnya yang sangat enteng serta bentuk lengkung yang sangat unik.

Setelah popular, kerambit akhirnya banyak diadopsi sebagai senjata-senjata pendukung di berbagai jenis beladiri salah satunya adalah pencak silat.

Bentuk lengkung kerambit selain terinspirasi dari cakar harimau juga disebut karena sisi fungsionalitas seperti bisa dipakai untuk banyak hal misalnya alat bantu mendaki, menyayat dan sebagainya.

Dengan beragam fungsi yang dimilikinya, kerambit diminati dunia bahkan masuk ke militer.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat