bdadinfo.com

Menikmati Pesona Indah Wisata Danau Toba, Gunung Berapi Supervulcano Purba di Sumatera Utara! - News

Danau Toba.  (unsplash/ari anhari harahap)

– Tidak banyak yang tahu bahwa Danau Toba adalah sebuah gunung berapi supervolcano purba. 

Danau Toba merupakan salah satu destinasi wisata yang populer dan banyak dikunjungi oleh wisatawan dalam maupun luar negeri, destinasi wisata ini berada di provinsi Sumatera Utara.

Danau Toba termasuk danau vulkanik terbesar di dunia dengan ukuran panjang 62 mil, lebar 19 mil dengan kedalaman 508 m. Danau yang indah ini terbentuk dikarenakan letusan gunung berapi yang sangat besar.

Baca Juga: Bukan Soetta, Ternyata Landasan Pacu Paling Panjang di Indonesia Ada di Bandara Provinsi Kepulauan Riau

Objek wisata Danau Toba memiliki alam yang asri serta disini masih kental dengan adatnya. Selain menampilkan panorama yang memanjakan mata disini wisatawan juga disuguhi makanan khasnya, salah satunya adalah ombus-ombus yang mana kudapan manis favorit masyarakat sekitar.

Wisatawan pecinta kopi juga dapat mencicipi kopi khas Batak di Toba pada festival kopi yang diadakan setiap bulan Mei menyajikan berbagai macam kopi yang ada di Sumatera.

Selain itu Danau Toba juga memberikan pengalaman berolahraga kayaking, kayaking itu sendiri adalah olahraga air dilakukan dengan menggunakan perahu yang bermuatan paling banyak 2 orang serta memakai dayung yang bernama kayak.

Baca Juga: Mantan Bupati Mentawai Yudas Sabaggalet Terdata Punya 20 Aset Tanah dan Bangunan, Yudas: Tidak Masuk Akal

Para wisatawan bisa menyewa perahu kayak di sekitaran danau serta menikmati keindahan danau toba di atas air. Olahraga ini cocok dilakukan oleh pemula karena ada berbagai rute yang bisa dipilih sendiri.

Di Sekitar Danau Toba terdapat dua museum yang bisa dikunjungi untuk mengetahui lebih lanjut tentang suku Batak, yaitu museum Tomok dan museum Huta Bolon. Museum Tomok yang berupa rumah adat Batak yang sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu, untuk museum Huta Bolon para wisatawan bisa melihat ukiran-ukiran dan ornamen khas suku Batak.

Danau Toba selalu mengadakan festival danau toba setiap tahunnya di bulan September, festival ini sudah ada sejak tahun 80-an yang juga menjadi salah satu daya tarik wisatawan yang berkunjung.

Baca Juga: Makanan Berbahaya untuk Ibu Hamil Muda, Perhatikan Asupan Nutrisi dengan Cermat

Di tengah danau toba juga terdapat sebuah pulau vulkanik yang bernama Pulau Samosir, pulau dengan ketinggian 1.000 mdpl juga menjadi daya tarik bagi wisatawan.

Pulau ini menempati peringkat 10 pulau terbesar yang berada di tengah danau, memiliki ukuran yang hampir sama dengan besarnya Singapura. Pulau ini masih memperlihatkan kehidupan yang masih kental dengan adatnya sendiri.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat