bdadinfo.com

Bukan Soetta, Ternyata Landasan Pacu Paling Panjang di Indonesia Ada di Bandara Provinsi Kepulauan Riau - News

Ilustrasi landasan pacu pesawat.  (sekolahpenerbangan.co.id)

- Runway atau Landasan Pacu Pesawat terbang yang terpanjang di Indonesia ternyata bukan dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, melainkan Bandara dari Provinsi Riau, bandara apa itu?

Landasan pacu atau biasa disebut Runway merupakan sebuah fasilitas untuk pesawat terbang bisa lepas landas (take-off) maupun mendarat (landing).

Runway atau landasan pacu berbentuk persegi panjang dengan struktural yang cukup untuk mendukung beban pesawat, baik pada saat lepas landas maupun mendarat.

Baca Juga: Nitro 5 AN515-44, Laptop Gaming Acer Harga Terjangkau dengan Performa Terbaik!

Panjang dari landasan pacu bermacam-macam tiap bandara, nah ternyata landasan pacu terpanjang di Indonesia bukan dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta yang merupakan bandara paling besar dan paling sibuk di Indonesia.

Karena landasan pacu atau runway paling panjang yaitu di Bandara Internasional Hang Nadim yang terletak di Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau.

Bukan Cuma mengalahkan bandara Soekarno-Hatta di Jakarta, panjang landasan Bandara Hang Nadim bahkan mengalahkan bandara Changi di Singapura dan Bandara Narita di Tokyo Jepang.

Baca Juga: Pantai Teluk Bayur: Romantisme Padang di Kala Senja Sekaligus Pelabuhan yang Melegenda Sejak Zaman Kolonial

Panjang landasan pacu bandara Hang Nadim mencapai 4.025 meter, sedangkan bandara Changi di Singapura dan bandara Narita di Tokyo Jepang yaitu 4.000 meter.

Sementara bandara Internasional Soekarno-Hatta memiliki panjang landasan pacu 3.660 meter.

Bandara Internasional Hang Nadim melayani rute domestik dan internasional, rata-rata bandara ini melayani 11.079 penumpang per harinya.

Baca Juga: Misteri Sumur Tua di Museum Rumah Kelahiran Bung Hatta, Ternyata Ini Faktanya

Adapun maskapai yang melayani rute ke Bandara Internasional Hang Nadim di Batam diantaranya Garuda Indonesia, Citilink, Lion Air, Nam Air.

Kemudian Super Air Jet, Wing Air, Batik Air dan Batik Air Malaysia.***

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat