bdadinfo.com

Misteri Sumur Tua di Museum Rumah Kelahiran Bung Hatta, Ternyata Ini Faktanya - News

Sebuah sumur tua yang berada di dalam kamar pamam Bung Hatta di rumah kelahirannya menyimpan fakta sejarah (Harianhaluan.com/Vesco)

- Museum Rumah Kelahiran Bung Hatta, yang berlokasi di Jalan Soekarno-Hatta nomor 37, Kota Bukittinggi menjadi magnet bagi para pengunjung yang penasaran dengan misteri sumur tua yang terletak di kamar Paman Bung Hatta.

Rumah ini menyimpan banyak kisah menarik, termasuk anggapan urban legend bahwa sumur tersebut pernah menjadi tempat persembunyian bagi keluarga Bung Hatta ketika Indonesia tengah dijajah oleh Belanda dan Jepang.

Namun, bukanlah kisah horor yang menyelimuti sumur tua ini. Yossy Rumiyuli, Edukator Rumah Kelahiran Bung Hatta, mengungkapkan bahwa sumur tersebut sebenarnya adalah hasil efek dari pembangunan ulang museum.

Baca Juga: 6 Fakta Museum Rumah Kelahiran Bung Hatta, Wisata Sejarah Populer di Bukittinggi yang Wajib Dikunjungi

"Sejak rumah kelahiran Bung Hatta dibangun pada sekitar tahun 1860an, sumur ini telah ada dan awalnya terletak di dapur, seperti kebanyakan rumah pada masa itu," tuturnya.

Tetapi seiring berjalannya waktu, keberadaan sumur ini menjadi semakin berbeda dari masa lalu.

"Ketika rumah Bung Hatta terpaksa dipindahkan dari posisi awalnya untuk membuat ruang bagi pelebaran jalan, posisi sumur ikut bergeser ke arah belakang," katanya.

Meskipun rumah tersebut sempat terjual dan dihancurkan setelah keluarga Bung Hatta pindah ke Jakarta, sumur ini tetap dipertahankan dalam rekonstruksi sejarah oleh Pemerintah Kota Bukittinggi dan akademisi dari Universitas Bung Hatta sekitar tahun 1995.

Baca Juga: Rekomendasi Villa Strategis di Bukittinggi: Hanya 1 Km dari Istana Bung Hatta

Menariknya, sumur tua dengan kedalaman sekitar 10 meter ini masih berfungsi dan menyediakan air yang bersih, sejuk, dan jernih.

"Dulu, air diambil dari sumur ini dengan cara ditimba dari dapur, namun sekarang digunakan mesin pompa air," ucapnya.

Bagi para pengunjung yang penasaran, Museum Rumah Kelahiran Bung Hatta memberikan kesempatan untuk melihat langsung keberadaan sumur tua ini.

Pengunjung dapat mengunjungi museum ini setiap hari mulai pukul 8 pagi hingga 8 malam. Museum ini menyimpan berbagai koleksi-koleksi replika dari rumah kecil Bung Hatta dan potret-potret sejarah yang menarik, dan tentunya memberikan pengalaman berharga tentang perjalanan sejarah Republik Indonesia.

Jadi, jika ingin merasakan atmosfer sejarah dan melihat saksi bisu perjalanan panjang Republik Indonesia, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Museum Rumah Kelahiran Bung Hatta di Kota Bukittinggi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat